Bupati Sekadau Rupinus dan Wakil Bupati Sekadau Aloysius beserta isterinya Ny. Vixtima Heri Supriyanti Aloysius pada Minggu 3 Agustus 2020 ikut menghadiri kegiatan pagelaran adat budaya Melayu Sintang bertajuk acara gunting rambut dan turun anak ke "aik", Shamara Thara Shaqueena Putri dari Hermansyah, Camat Belitang, Kabupaten Sekadau dan Fatri Diana Kartawidjaja putri dari Ade Kartawidjaja, Ketua Umum MABM Kab. Sintang di Rumah Melayu Sintang Jl. Y. C. Oevang Oeray.

Ikut hadir mendampingi Bupati dan Wakil Sekadau dalam acara tersebut Penjabat Sekda Kabupaten Sekadau Nurhadi beserta isteri dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Sekadau Leonardus.
 
Ritual gunting rambut (Istimewa)

Bupati Sekadau Rupinus dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih Rupinus berterima kasih kepada panitia penyelenggaraan yang telah mengundang Pemkab Sekadau dalam kegiatan Pagelaran Adat Budaya Melayu Sintang.

"Terima kasih atas undangan ini, suatu kehormatan. Kami kabupaten baru 15 tahun, kami harus lebih banyak belajar ke saudara tua kami, Sintang. Mari kita merajut kebersamaan dan toleransi,” ujarnya.

Menurut orang nomor satu di bumi lawang kuari ini, kegiatan Pagelaran Adat Budaya Melayu Sintang bertajuk acara gunting rambut dan turun anak ke "aik" merupakan Adat budaya melayu yang perlu dilestarikan.
 
Ritual gunting rambut (Istimewa)

Bupati Sekadau, Rupinus merasa terpukau dengan Rumat Adat Melayu Tepak Sireh Kabupaten  Sintang.

"Kehadiran kami rasa-rasanya wow. Kami belum punya (rumah melayu) kami baru berencana membangun rumah adat budaya melayu," kata Rupinus.

Saat ini, Pemkab Sekadau kata Rupinus sedang fokus menyelesaikan pembangunan Masjid Agung dan gereja Katolik.

"Kalau keraton sudah ada, karena sekarang kami baru mau menyelesaikan masjid Agung dan gereja Katolik. Ini Berproses mudah-mudahan tahun ini selesai. Rumah adat nanti kita bangun," katanya.

Baca juga: MABM Sintang Bentuk Pengurus Kecamatan
Baca juga: Hukum Adat Dayak dan Melayu Berlaku di Sintang
Baca juga: Layanan potong rambut di Malaysia dibuka kembali 10 Juni mendatang

Pewarta: Rilis

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020