Sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan pasca berakhirnya pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-108 Kodim 1203/Ktp di Desa Beringin Rayo, Kecamatan Tumbang Titi  Kabupaten Ketapang, Babinsa, Bhabin Kamtibmas dan Masyarakat Peduli Api (MPA) melaksanakan patroli rutin seperti biasanya.


Desa Beringin Rayo merupakan salah satu daerah rawan dengan kejadian kebakaran hutan dan lahan Untuk itu, apalagi lokasi TMMD Reguler ke-108 Kodim 1203/Ktp, Babinsa Koptu Priswanto, Bhabin Kamtibmas Bripka Yunus bersama Krisantus (Ketua RT) dan Sarbinus (warga), melakukan patroli di lokasi TMMD Reguler Ke-108 yang baru saja  di tutup.


"Kami bersama (MPA) Desa Beringin Rayo, berpatroli diwilayah-wilayah rawan kebakaran, termasuk lokasi yang kemaren lokasi TMMD. Karena ini sudah memasuki musim panas, dimana karlahuta terus mengintai. Untuk itu dengan patroli ini merupakan upaya kami untuk mencegah terjadinnya kebakaran diwilayah desa ini," kata Bripka Yunus, Rabu.


Hal itu diiyakan Koptu Priswanto ia memgatakan selain patroli, ia dan yang lainya juga mengadakan sosialisasi karlahut kepada masyarakat Desa Beringin Rayo. Hal itu dilakukan dengan  mendatangi langsung di perkebunan maupun di tempat masyarakat berkumpul dengan menberikan sosialisasi pencehagan terjadinya Karhutla.


"Kami berharap dengan sosialosasi yang kami lakukan dapat menimbulkan kesadaran bagi masyarakat Desa Beringin Rayo. Hal ini agar tidak membakar pada saat membuka lahan, atau segera melaporkan kepada intansi terkait apabila melihat dan menemukan lahan yang terbakar," tandasnya.



 

Pewarta: Slamet

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020