Kapolda Kalbar, Irjen (Pol) R Sigid Tri Hardjanto gencar melakukan sosialisasi pencegahan pandemik COVID-19 dan Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) hingga ke tingkat Polsek-polsek jajarannya.

"Saya turun ke Polsek-polsek selain fokus pada penanganan dan pencegahan pandemik COVID-19, juga menjadi prioritas dalam hal penanganan karhutla setelah munculnya Pergub 103 tahun 2020 tentang Pembukaan Lahan oleh Peladang Berbasis Kearifan lokal," kata R Sigid Tri Hardjanto di Pontianak, Jumat.

Dia menjelaskan, dirinya turun langsung tersebut guna memastikan segala kesiapan personel nya dalam pencegahan COVID-19 dan penanganan karhutka hingga ketingkat Polsek.

"Hari ini kami melakukan kunjungan kerja ke wilayah Polres Landak dan menghampiri Polsek untuk bertemu dengan personel dan memberikan arahan dalam mencegah penyebaran COVID-19 dan Karhutla tersebut," ujarnya.

Adapun Polsek yang di kunjungi Kapolda Kalbar, yakni Polsek Sungai Pinyuh di Kabupaten Mempawah, Polsek Menjalin, Polsek Mandor dan Polsek Sengah Temilah yang berada di wilayah hukum Polres Landak.

Dalam kesempatan itu, Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes (Pol) Donny Charles Go menambahkan, selain untuk bersilahturahim kepada personel Polda Kalbar yang berada di tingkat Polsek, Kapolda Kalbar juga memberikan arahannya terkait situasi terkini.

"Ada tiga point penting yang disampaikan saat arahan kepada personel, yaitu pertama peran kepolisian dalam membantu pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dengan mensosialisasikan serta turut mendisiplinkan masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan," tuturnya.

Kedua mengenai antisipasi terhadap kebakaran hutan dan lahan. Kapolda memberikan pesan agar para personel Polsek yang menjadi garda terdepan masyarakat untuk mensosialisasikan Pergub Nomor 103 tentang aturan membakar lahan serta sanksi nya itu.

Terakhir, Kapolda Kalbar menyampaikan tentang kesiapan dalam menghadapi Pilkada Serentak 2020.

"Kapolda Kalbar selalu berpesan untuk tidak meremehkan mengenai Pilkada, walau di tahun ini wilayah Landak tidak melaksanakan Pilkada. Kapolda meminta para personel agar selalu siap dan memonitor perkembangan situasi Kamtibmas," ucapnya.

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020