Bupati Kayong Utara, Kalimantan Barat, Citra Duani membangun dua puskesmas di Kepulauan Karimata sebagai upaya pemerataan pembangunan fasilitas kesehatandi kabupaten tersebut.

"Kami telah melakukan peletakan batu pertama relokasi Puskesmas Kecamatan Kepulauan Karimata di Desa Padang," ujarnya saat dihubungi di Kayong Utara, Senin.

Bupati Citra menginginkan kemudahan bagi masyarakat yang berbeda pulau tersebut untuk mendapatkan layanan kesehatan.

"Kembali, pemerintah berupaya memberikan asas pemerataan terutama di wilayah kepulauan, mengingat penduduk terbanyak ada Desa Padang Pulau Karimata, tidak hanya pos kesehatan maka selayaknya Puskesmas direlokasikan di sini," terangnya.

Ia menjelaskan daerah itu terdiri dari gugusan pulau dan jarak tempuhnya relatif lama sehingga pemkab mengambil langkah untuk mendirikan puskesmas di Desa Pelapis, dari anggaran DAK perluasan Puskesmas lama di Desa Pelapis ibu kota Kecamatan.

"Relokasinya berupa bangunan Puskesmas Pelapis layanan rawat inap sama dengan Desa Pelapis, ditambah rumah dinas dokter dan petugas kesehatan. Jadi masyarakat Karimata tidak perlu mengarungi lautan hanya untuk mendapatkan layanan dokter dan rawat inap," terangnya.

Selanjutnya kehadiran Puskesmas di Pulau Karimata tidak hanya untuk pelayanan kesehatan, Bupati berharap dapat memberikan pemahaman bagi masyarakat akan pentingnya Kesehatan dan Gizi seimbang terutama bagi anak anak kepulauan.

"Kami akan merekrut kembali dokter dan tenaga kesehatan khusus untuk menempati puskesmas Desa Padang. Kehadiran mereka secara perlahan diharapkan mampu mengubah paradigma masyarakat yang masih mempercayai dukun sebagai tempat berobat," tuturnya.

Prosesi buka tanah yang dilanjutkan peletakan batu pertama oleh Bupati, Wakapolres Kayong Utara, Anggota DPRD dan rombongan, disaksikan masyarakat yang menandakan proses pembangunan segera dimulai. 

"Disaksikan dan diawasi oleh masyarakat, pembangunan ini harus tetap menjaga kualitas dan jangka waktu pengerjaannya. Saya akan melakukan sidak pada setiap pengerjaan," tegasnya.

Baca juga: Jembatan di Seponti roboh dilewati truk, pemda segera perbaiki
Baca juga: Kayong Utara bangun gedung baru Puskesmas Teluk Batang
Baca juga: Tahun Baru Islam Momen Hijrah ke lebih baik

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020