Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kubu Raya, Kalimantan Barat akan membuat peta digital untuk memetakan keberadaan atlet potensial serta cabang olahraga unggulan di kabupaten itu.

"Untuk memaksimalkan potensi atlet dan cabang olahraga berprestasi, kita akan membuat peta digital agar kita memiliki data yang lebih baik terkait para atlet kita," kata Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Kamis.

Untuk itu, Muda meminta kepada KONI dan pengurus kabupaten (pengkab) cabang olahraga untuk bisa menentukan titik koordinat nama atlet, alamat, foto serta koordinatnya. Data tersebut selanjutnya dimasukkan ke peta, sehingga bisa akses dengan cepat, mudah dan terukur.

"Jadi kedepannya, kerja-kerja kita ini tidak ada lagi cerita hanya gambaran saja, tapi semuanya kongkret, faktual dan bisa dilihat di peta digital. Tujuan dari semua ini adalah memfaktualkan untuk mempertanggungjawabkan akuntabilitas kerja kita. Karena zaman sekarang semuanya harus memiliki akuntabilitas yang tinggi dan jangan sampai ribet," katanya menambahkan.

Di tempat yang sama Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam mempertegas pentingnya olahraga bagi masyarakat. Begitu juga pembinaan atlet secara berkesinambungan.

"Kita harus mengolahragakan tubuh kita. Tidak diragukan lagi bahwa di dalam tubuh yang sehat, Insya Allah terdapat jiwa yang kuat. Tentunya semua ini kita lakukan untuk membangun kesehatan masyarakat," kata Yusran.

Yusran menuturkan, Pemkab Kubu Raya juga berkomitmen untuk memajukan olahraga di daerah dengan memberikan dukungan sesuai dengan arahan Bupati Kubu Raya, namun tetap disesuaikan dengan kondisi saat ini. 

"Sesuai dengan tema Haornas tahun 2020 yaitu sport science, sport tourism dan sport industry. Tentunya kedepannya kita berusaha menciptakan agar olahraga ini bisa kita rancang sesuai dengan tema itu," katanya menambahkan.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Kubu Raya Yakob mengatakan, pada Haornas kali ini diisi dengan penyerahan peralatan olahraga yang berasal dari dana hibah Pemkab Kubu Raya dan pemberian tali asih bagi atlet berprestasi di tingkat internasional yaitu atlet angkat berat di Hongkong dan hapkido di Kanada.

"Pada tahun anggaran 2020 ini kita telah menyampaikan ada 24 cabang olahraga yang dianggarkan. Jumlah ini lebih banyak jika dibandingkan pada tahun sebelumnya yang hanya 15 cabang olahraga," kata Yakob.

Baca juga: Pemkab Kubu Raya berikan bantuan kepada penyandang cacat dan atlet
Baca juga: Bupati Kubu Raya berikan bonus untuk atlet Popda
Baca juga: Pemkab Kubu Raya akan berikan perhatian khusus bagi atlet disabilitas
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020