Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, menyerahkan bantuan dan uang penghargaan kepada para atlet berprestasi yang telah berkontribusi dalam memajukan sejumlah cabang olahraga di kabupaten itu.

"Pada momentum Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) memberikan penghargaan kepada para atlet berprestasi. Ini sebagai upaya membangun perspektif agar olahraga itu merupakan suatu yang menarik dan menjadi magnet dengan membangun dan membuat peta digitalisasi," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Kamis.

Dia mengatakan, diserahkannya peralatan olahraga bagi Pengcab dan pemberian tali asih bagi atlet berprestasi ini sebagai bentuk menggelorakan kembali tujuan dan manfaat dari olahraga. Karena, ujar dia, dunia olahraga di Kubu Raya ini embrionya sudah sangat kuat potensi masyarakat dari semua cabang.

"Kedepannya, tinggal kita konsolidasi lagi. Untuk itu diperlukan perluasan perspektif karena olahraga saat ini sudah menjadi industri dan juga menjadi magnet wisata, yang semua ini bisa dipadukan dan bisa diperkuat dengan kalender budaya dan lain sebagainya," tuturnya. 

Tentunya hal ini akan memiliki nilai tambah lebih tinggi dan akan mempengaruhi kunjungan serta pergerakan orang ke kabupaten itu.

Muda menuturkan, dengan slogan "Dari Kubu Raya Untuk Indonesia" yang tetap dipertahankan dari sejak dulu itu bertujuan untuk memperkuat dan menancapkan imajinasi dan semangat bagi anak-anak Kubu Raya. 

Sebagai kepala daerah, dirinya sangat bangga dengan prestasi yang sudah raih anak-anak Kubu Raya. Meski keterbatasan anggaran, namun Kubu Raya selalu memberikan warna di Kalbar karena selalu mewakili di ajang nasional dan internasional.

"Slogan Dari Kubu Raya Untuk Indonesia yang selalu digelorakan merupakan penyemangat untuk membuktikan bahwa biar kita dari kampung, tapi kita jangan sampai kampungan. Namun kita membuktikan kalau kita mampu berprestasi dan berkontribusi bagi republik ini dengan gagasan, fikiran, prestasi, kemampuan, keahlian, keterampilan dan berbagai ide serta hal-hal yang mampu membanggakan dan memberikan yang bermanfaat bagi republik ini," katanya.

Muda menambahkan, pada momen Haornas tahun 2020 ini, sebagai upaya untuk menyatukan dan perekat bagi bangsa dan republik ini. sehingga kita harus kembali mengingat sejarah olahraga itu untuk mempersatukan bangsa.

"Melalui Haorans ini juga kita bangun perspektif bahwa olahraga itu bagian dari suatu yang menarik dan menjadi magnet dari sirkulasi orang yang masuk ke Kubu Raya dengan memiliki daerah strategis. Yang mana saat ini Pemkab Kubu Raya sedang berproses dengan segala sesuatunya dengan pemetaan digitalisasi. Sehingga keberadaan, posisi dan sebagainya bisa jelas dan terdata," kata Muda.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020