Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengajak kaum ibu dan perempuan di kota itu untuk ikut menyukseskan program ketahanan pangan dengan memanfaatkan perkarangan rumah sebagai lahan pangan keluarga.

"Saya sangat mengapresiasi atas program yang dilaksanakan oleh Kelompok Mekar Sari, yang mana kelompok ini telah berhasil membina generasi ibu-ibu untuk menyukseskan program ketahanan pangan dan mau terjun untuk mengembangkan Pertanian di Kota Singkawang," kata Tjhai Chui Mie di Singakawang, Jumat.

Ia berharap apa yang dilakukan warga setempat dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di sekitar halaman rumah dapat dicontoh warga lainnya.

"Sebab, di tengah pandemi COVID-19, masyarakat masih bisa beraktivitas dengan bercocok tanam. Meski demikian warga tetap diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat bercocok tanam demi mencegah penyebaran COVID-19," ujarnya.

Dia mengungkapkan, salah satu upaya pemerintah untuk menyejahterakan rakyat yaitu melalui gerakan menanam seperti yang dilakukan sekarang ini.

"Saya bangga dengan apa yang Ibu-ibu lakukan. Lahan pekarangan memiliki potensi yang cukup besar dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga jika pemanfaatannya dilaksanakan secara maksimal. Terlebih di masa pandemi saat ini," katanya.

Kepala dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Singkawang, Yusnita Fitriadi mengatakan, program pemerintah seperti ini salah satunya untuk mengatasi stunting atau gizi buruk.

"Selama ini mereka diam-diam, tidak banyak mengeluh tetapi tetap bekerja dan terbukti mereka melakukan panen perdana dan bisa menunjukan hasilnya. Mereka inilah yang patut kita apresiasi," katanya.

Dia juga mengucapkan selamat hari Tani Nasional. "Tanpa petani, kita tidak bisa memenuhi gizi, tanpa petani kita tidak bisa sejahtera, tanpa petani bangsa tidak akan maju," tuturnya.

Baca juga: Sembuh dari COVID-19, Wali Kota Singkawang mulai bekerja di kantor
Baca juga: Menkes beri bantuan plasma untuk pasien COVID-19 di Kota Singkawang
Baca juga: Wali Kota Singkawang dinyatakan sembuh dari COVID-19
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020