Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga dan Sumber Daya Air Kapuas Hulu Kalimantan Barat akan menangani empat pekerjaan pembangunan infrastruktur pada Tahun 2021, salah satunya pembangunan ruas jalan Sekubah (daerah Jongkong)-Selimbau dengan anggaran sebesar Rp13 miliar.

"Empat paket pembangunan infrastruktur akan kami bangun Tahun 2021 melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), untuk jalan Sekubah-Selimbau sepanjang 3,3 kilometer dengan dana Rp13 miliar lebih," kata Kepala Bidang Bina Marga Muhammad Kharbi, di Putussibau Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa.

Selain itu, ruas jalan Simpang Silat-Nanga Silat Kecamatan Silat Hilir juga akan dibangun sekitar 900 meter dengan anggaran sebesar Rp3,5 miliar.

Kemudian ruas jalan Sejiram-Gurung Kecamatan Seberuang sepanjang 900 meter dengan anggaran sebesar Rp4 miliar lebih.

Dikatakan Kharbi, khusus jembatan Tahjn 2021 juga ada satu yang fokus sampai tuntas akan dibangun, yaitu jembatan Melancau Kecamatan Puring Kencana daerah perbatasan Indonesia-Malaysia, dengan anggaran sebesar Rp7 miliar.

"Jadi tahun depan kami fokuskan dulu pembangunan satu jembatan di ruas jalan Nanga Kantuk-Sungai Antu hingga tuntas, sehingga masih dua jembatan akan di upayakan pada anggaran berikutnya," jelas Khabri.

Sedangkan tiga jembatan di ruas jalan Nanga Kantuk-Jaung Kecamatan Puring Kencana sudah tuntas di bangun.

"Jika tidak kita fokuskan pembangunan jembatan hingga tuntas maka sulit untuk membawa material dalam pembangunan di daerah Puring Kencana," kata Khabri.

Ia mengatakan pembangunan empat paket pekerjaan infrastruktur itu sebenarnya untuk Tahun 2020 ini, tetapi karena masa pandemi COVID-19 sehingga ditunda hingga Tahun 2021 mendatang.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020