Pemerintah Kota Singkawang mendapat penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena dinilai menjadi salah satu daerah terbaik dalam pencegahan korupsi.

"Kota Singkawang berada di urutan sembilan dari 12 kabupaten/kota dengan performa baik dengan nilai di atas 80 persen dalam pencegahan korupsi. Hal ini tentu sangat menggembirakan karena sebelumnya, Kota Singkawang juga dianugerahi sebagai kota dengan indeks prestasi pelayanan di bidang HAM yang baik sehingga mendapatkan penghargaan dari Kemenkumham RI," kata Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Kamis.

Tjhai Chui Mie secara daring mengikuti kegiatan Hari Anti Korupsi se-Dunia yang digelar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI dan dihadiri serta diberikan sambutan oleh Presiden Republik Indonesia secara daring, Rabu (16/12) kemarin.

Pada kegiatan ini, katanya, Menteri Bappenas, Suharso Monoarfa  menyampaikan hasil evaluasi Stranas PK atau Strategi Nasional Pencegahan Korupsi.

Pada evaluasi ini, dari 508 kabupaten kota di Indonesia, 312 diantaranya dinyatakan berkategori kurang, 184 kabupaten/kota dengan kategori cukup dan 12 Kabupaten/Kota dengan kategori baik. 

"Dari 12 Kabupaten/Kota, Suharso Monoarfa menyampaikan apresiasi terhadap 9 Kabupaten/Kota yang performanya baik dengan nilai diatas 80 persen," ujarnya.

Kemudian, dari sembilan kabupaten/kota yang diapresiasi, Singkawang menjadi satu-satunya pemerintah kota yang masuk performa baik dengan nilai diatas 80 persen.

"Adapun sembilan Kabupaten/Kota yang performanya baik dengan nilai di atas 80 persen, yakni Kabupaten Banggai, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bontang, Kabupaten Kuningan,Kabupaten Muko Muko, Kota Singkawang dan Kabupaten Konawe Selatan," tuturnya.

Dia mengucapkan terima kasih kepada KPK dan seluruh penegak hukum lainnya untuk terus menjaga, mencegah dan memberantas korupsi. 

"Saya juga memastikan komitmen saya dalam melaksanakan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan benar guna mewujudkan Singkawang Hebat," katanya. 

Tidak lupa dia mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemkot Singkawang yang sudah melaksanakan kinerja dengan sungguh-sungguh untuk kemajuan Kota Singkawang.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020