Bupati Kapuas Hulu Kalimantan Barat Fransiskus Diaan menegaskan akan membentuk Satuan tugas (Satgas) Komando pencegahan dan penanggulangan bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhurla) hingga tingkat kecamatan dan desa di wilayah Kapuas Hulu.

" Kami akan tetapkan status siaga darurat penanggulangan bencana kabut asap serta membetuk Satgas Komando Karhutla hingga ke tingkat desa di wilayah Kapuas Hulu," kata Fransiskus Diaan, saat Rapat koordinasi penanggulangan Karhurla, di Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa.

Disampaikan Fransiskus, Satgas Komando Karhutla dibentuk sampai ketingkat desa bertujuan agar ada rantai komando yang jelas dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla.

Fransiskus menegaskan dalam mencegah dan menanggulangi Karhutla itu diperlukan sinergitas dan kerjasama semua pihak baik oleh pemerintah, swasta organisasi sosial sampai elemen lapisan masyarakat.

" Persoalan Karhutla tanggungjawab kita semua agar terwujud langit biru bebas Karhutla, jaga sinergitas dan energik agar selalu terjalin kebersamaan melakukan sosialisasi memberikan pemahaman kepada masyarakat," pesan Fransiskus.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021