Untuk menghindari kebakaran di musim kemarau, Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Regtas ke 110 Kodim 1206/Putussibau melakukan sosialisasi terkait bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di lokasi TMMD di Desa Hulu Pengkadan, Kecamatan Pengkadan, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

"Kami sampaikan ke masyarakat bahaya Karhutla yang dapat mengakibatkan kabut asap dan berdampak buruk bagi kesehatan dan kehidupan sosial lainnya," kata PJ Danramil 09/Jongkong Pelda Didik Riyono, Jumat.

Baca juga: Jembatan darurat dukung pendistribusian material pembangunan jalan
Baca juga: Tak mau ketinggalan ibu-ibu Pangkadan ikut andil bantu sukseskan TMMD

Dikatakan Didik, Karhutla menjadi perhatian serius bahkan selain tertuang dalam undang-undang juga menjadi instruksi langsung dari Presiden Republik Indonesia, karena akibat kabut asap selain mengganggu kesehatan juga merusak pertumbuhan ekonomi dan transportasi.

Menurut dia, dampak kabut asap beberapa bulan lalu sudah kita rasakan bersama, penerbangan terganggu dan sekolah juga diliburkan.   

"Harapan kita bersama agar masyarakat tidak lagi membakar hutan atau pun lahan untuk bercocok tanam mau pun dalam berkebun," ucap Didik.   

Baca juga: Program TMMD sebagai pemantik perekonomian masyarakat desa terpencil
Baca juga: TMMD Kodim 1206/PSB diharapkan mampu gerakkan ekonomi di pedesaan

Selain itu, Didik juga mengharapkan dengan kehadiran program TMMD Regtas ke-110 tersebut, masyarakat di Desa Hulu Pengkadan semakin berkembang dan menjadi desa yang maju serta sejahtera.   

" Mudah-mudahan tidak lagi terjadi Karhutla di daerah kita, kita jaga sama-sama hutan kita," tutup Pelda Didik.

Baca juga: Personel TMMD terapkan Protkes saat berbaur dengan masyarakat
Baca juga: Satgas TMMD Kodim 1206/PSB Komsos ke Tomas untuk saling tukar informasi
Baca juga: Antusias masyarakat bersama TNI di TMMD-110 Kodim 1206/PSB luar biasa

 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021