Anggota Satgas TMMD Reguler Perbatasan ke-110 Kodim 1206/Putussibau menggerakkan puluhan warga Tintin Kemantan untuk bergotong royong dalam upaya membersihkan  parit aliran sungai.

"Dengan parit-parit yang bersih selain untuk melestarikan alam, hal itu juga merupakan salah satu upaya mencegah terjadinya banjir,' kata Danramil 1206-09/Jongkong Pelda Didik Riyono, Kamis.

Baca juga: Satgas TMMD Kodim 1206/PSB bagikan masker gratis

Kodinator Lapangan TMMD Regtas ke- 110 Kodim 1206/PSB itu mengatakan kegiatan bersih-bersih itu merupakan sasaran  fisik dengan sasaran berbeda mengajak warga masyarakat bersatu untuk mengerjakannya.

"Bersatu kita kuat, untuk melaksanakan kerja bakti membersihkan parit aliran sungai yang menjadi kendala bagi masyarakat setempat karna selalu tergenang air di musim penghujan," katanya.

Baca juga: Warga beri perhatian kepada anggota TMMD yang sedang bekerja

Pelda Didik mengatakan, upaya yang di lakukan oleh Satgas TMMD ini selain kegiatan positip dalam mengatasi banjir juga mengandung nilai budaya Persatuan Kesatuan  di masyarakat  sehingga berdampak luas bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sementara itu, Camat Pengkadan, Tabri mengakui ia  menyadari bahwa masyarakat di Pengkadan nilai kerja bakti atau royong  bisa di katakan sudah berkurang. Hal ini di sebabkan oleh kesadaran masyarakat akan nilai persatuan dan kesatuan yang kurang dari faktor sosial budaya.

"Akan tetapi saya yakin dengan gagasan "Bersama kita kuat" yang di gagas oleh Satgas TMMD akan bermanfaat dan menumbuhkan rasa persatuan  kesatuan di masyarakat pengkadan," tutupnya.

Baca juga: Di mana ada kemauan, di situ ada jalan
Baca juga: Kerja-kerja Satgas TMMD jadi hiburan tersendiri bagi warga
Baca juga: Operator alat berat senang bisa jadi bagian pelaksana TMMD ke-110 Kodim 1206/PSB


 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021