Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan salah satu wujud operasi bhakti TNI. Hal itu merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan departemen, lembaga pemerintahan non departemen dan pemernitah daerah serta komponen bangsa lainnya. 
 
"Di pelaksanaannya dilakukan secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolir, perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana," kata Pasiter Kodim 1206/Putussibau Kapten Inf Edi Sanjaya, Selasa.


Baca juga: Kerja bakti TMMD bersihkan lingkungan Sekolah Dasar Pengkadan
Baca juga: Aksi alat berat TMMD jadi tontonan menarik bagi warga
 
 
Seperti di TMMD Regtas ke-110 Tahun 2021 Kodim 1206/PSB melaksanakan sejumlah kegiatan fisik, mulai pembangunan akses jalan di dua Desa Hulu Pengkadan dan Desa Beringin 
 
Menurut Pasiter, dalam pelaksanaan sasaran fisik tersebut satgas TMMD Reg ke 110 menggandeng warga setempat untuk ikut bekerja sama membangun infrastruktur jalan penghubung Dusun yang merupakan jalan produksi dalam mendongkrak perekonomian desa dan pariwisata pantai pening yang menjadi sasaran dari program TMMD Reg 110 tahun 2021 ini. 
 
“Mulai awal pembangunan hingga saat ini hanya tinggal beberapa persen saja dan hampir selesai dikerjakan, kami satgas TMMD Kodim 1206/Psb melaksanakan pembangunan dengan cara bergotong royong bersama Masyarakat desa setempat,” terang Pasiter Kapten Inf Edi Sanjaya 


Baca juga: Satgas TMMD Kodim 1206/PSB kejar target bangun badan jalan
Baca juga: Warga berharap program TMMD bisa berkelanjutan hingga pengerasan jalan
Baca juga: Satgas TMMD Kodim 1206/PSB patroli berburu hama Padi
 
 
Dia menambahkan, dalam bekerja semua mengejar target dengan waktu pelaksanaan yang singkat, yakni hanya 30 hari. Tidak hanya sasaran fisik,TMMD juga melaksanakan sasaran non fisik.
 
"Pada sasaran tersebut satgas TMMD yang telah dibentuk melaksanakan berbagai kegiatan penyuluhan diantaranya penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan kesehatan, penyuluhan pertanian serta penyuluhan bahaya narkoba dan berbagai kegiatan lainnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat," tutupnya.


Baca juga: Tim Pendim 1206/PSB sajikan informasi terkini kegiatan TMMD 110
Baca juga: Personil Penerangan TMMD Kodim 1206 bekerja maksimal demi publikasi
Baca juga: TMMD 110-Putussibau selalu bersinergi dengan Forkomincam
 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021