Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Muda Mahendrawan didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) setempat Rosalina Muda, meresmikan desa wisata di Desa Sungai Deras, Kecamatan Teluk Pakedai, Kubu Raya.

"Saya bangga, karena di Kabupaten Kubu Raya cukup banyak desa wisata yang terbentuk dari gagasan, inisiatif dan kreatifitas dari masyarakat. Ini hasil kreatifitas masyarakat sendiri, ini yang terpenting, kalau pemerintah yang merekayasa daerah wisata yang gagasan, inisiatif dan kreatifitasnya muncul dari masyatakat, tentu akan lebih bernilai," kata Muda Mahendrawan di Teluk Pakdedai, Minggu.

Muda mengatakan, peresmian desa wisata di Desa Sungai Deras ini akan memperkuat icon salah satu titik wisata di Kabupaten Kubu Raya. Hal ini merupakan suatu energi baru, dan merupakan potensi yang luar biasa yang ada di Kubu Raya.

Menurut Muda, wisata di Desa Sungai Deras ini, memang sejak dulu sudah banyak yang berkunjung, dengan diresmikannya desa wisata ini tentu akan menjadi magnet keingintahuan masyarakat secara luas.

"Ini tentunnya akan berdampak langsung pada kegiatan ekonomi, sosial, budaya dan sebagainya," tuturnya.

Muda menambahkan, masyarakat Kubu Raya yang heterogen yang terdiri atas berbagai etnis, suku dan budaya dengan kehidupan sosial yang sangat luar biasa kondusif, membuktikan toleransi dan pluralisme yang sangat produktif di Kubu Raya sehingga menjadi modal sosial untuk bergerak.

"Ini benar-benar menjanjikan masa depan masyarakat," kata Muda.

Menurut Muda, orang akan tertarik karena adanya ciri khas dan keunikan, salah satunya karena adanya heterogenitas budaya. Ini menjadi keunikan tertentu dengan peradaban-peradaban yang unggul.

"Heterogen di Kubu Raya menjadi perekat bagi persatuan antar budaya, antar etnis dan sebagainya. Ini lah yang menjadi kekayaan kita, sumber daya manusia yang produktif, punya cara pikir yang besar dan punya jiwa yang besar," tuturnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021