Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya membagikan masker kepada sejumlah tempat ibadah yang ada Kubu Raya, khususnya kecamatan Sungai Raya, Sungai Kakap dan sekitarnya, untuk mencegah penularan COVID-19 bagi masyarakat Muslim yang menjalankan ibadah Sholat Tarawih.

"Saat ini kita terus menggencarkan upaya-upaya untuk mencegah penularan COVID-19 di tengah masyarakat. Apa lagi kita tahu, saat bulan Ramadhan, banyak masyarakat kita yang Muslim melaksanakan sholat Tarawih, sehingga kita membagikan masker kepada mereka, agar mereka bisa sholat dengan aman dari penyebaran COVID-19 dan ini menjadi salah satu ikhtiar kita," kata Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Marijan di Sungai Raya, Selasa.

Dia mengatakan, pada Senin (26/4) malam, lebih dari 800 masker yang dibagikan ke sejumlah masjid, sedangkan khusus untuk di masjid Ash Shabiriin Sungai Raya, pihaknya membagikan 200 masker kepada jamaah yang hendak menunaikan ibadah sholat Tarawih.

Marijan menambahkan, pembagian masker di masjid Ash Shabiriin ini melibatkan tenaga kesehatan di Puskesmas Sungai Kakap, bidan di Polindes Pal IX, Bhabinkamtibmas Punggur Besar, Bhabinkamtibmas Punggur Kecil dan Bhabinkamtibmas Pal IX. 

Marijan menuturkan, pembagian masker ini akan dilakukan secara berkelanjutan dan tidak hanya dibagikan ke sejumlah rumah ibadah, namun juga akan dibagikan di beberapa Pondok Pesantren yang ada di tiga kecamatan diantaranya kecamatan Sungai Raya, Sungai Kakap dan kecamatan Sungai Ambawang.

"Diharapkan dengan pembagian masker di sejumlah rumah ibadah ini mampu memberikan ketenangan dan Kekhusyukan bagi jamaah yang hendak menunaikan ibadahnya, sehingga ke depannya juga mampu menurunkan resiko penularan dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19," tuturnya.

Marijan juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak beribadah untuk tetap menjaga jarak, memakai masker dan pengurus masjid hendaknya menyediakan tempat mencuci tangan.

"Kita mengharapkan selama bulan suci Ramadhan ini masyarakat bisa menjalankan ibadahnya dengan tenang, khusyu' dan tanpa ada kepanikan apapun," tuturnya.

Sementara itu Pengurus masjid Ash Shabirin H. Abdul Hannan Farah mengapresiasi pembagian masker yang dilakukan Pemkab Kubu Raya melalui Dinas Kesehatan.

"Kami dari pengurus masjid Ash Shabirin mengucapkan Alhamdulillah Wasyukurillah, Tabarakallah. Semoga dengan pembagian masker ini bermanfaat bagi umat dan masyarakat terutama untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 yang sampai saat ini belum berakhir", katanya. 

Abdul Hannan menyampaikan terima kasih atas kepedulian pemerintah daerah kepada umat yang akan menunaikan ibadah di bulan suci Ramadhan ini. "Mudah-mudahan Allah SWT membalas semua kebaikan yang diberikan pemerintah daerah," katanya.

Dirinya berharap agar pandemi COVID-19 ini cepat berakhir, karena dengan adanya penyakit yang menggerogoti penduduk dunia ini sangat meresahkan, terutama bagi kaum Muslim dan Muslimah yang hendak melaksanakan ibadah haji dan umroh di Baitullah. 

"Sampai saat ini sudah berapa banyak saudara-saudara kita yang ingin menunaikan panggilan Allah ke Tanah Suci terpaksa harus tertunda karena pandemi COVID-19," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021