Kapolres Singkawang, AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap segala bentuk modus penipuan yang biasa mengatasnamakan pejabat, mengingat kasus tersebut kian marak saat menjelang Lebaran seperti saat ini.

"Berkaca dari yang sudah-sudah, setiap menjelang hari besar keagamaan seperti hari raya Idul Fitri selalu saja ada orang-orang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan penipuan. Berbagai modus penipuan yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab biasanya sering muncul jelang hari besar keagamaan seperti hari raya Idul Fitri," kata Adhi di Singkawang, Jumat.

Bahkan, katanya, pelaku tak segan-segan melakukan penipuan mengatasnamakan instansi dari kepolisian seperti mencatut dirinya selaku Kapolres Singkawang.

"Saya imbau agar masyarakat jangan mudah percaya dengan segala bentuk penipuan dengan modus meminta untuk mengirimkan sejumlah uang yang mengatasnamakan Kapolres atau pejabat Polri lainnya. Sebelum memberi, sebaiknya di konfirmasi terlebih dahulu kepada orang yang bersangkutan," tuturnya.

Dia menegaskan, jika dari Kepolisian Polres Singkawang tidak pernah menelepon ataupun SMS untuk meminta sejumlah uang dan bantuan.

"Namun apabila ada masyarakat yang mendapatkan telepon dan mengatasnamakan pejabat Polri agar melakukan cross check (pengecekan ulang) terhadap pejabat yang telah dijadikan referensi, guna klarifikasi atas kebenaran permintaan tersebut," katanya.

Alangkah baiknya, jika permintaan tersebut tidak ditanggapi. Supaya masyarakat Singkawang bisa terhindar dari korban penipuan. "Biasanya kan ada itu, lebih baik jangan ditanggapi," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021