Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Barat Ignatius mengatakan siap mengoperasikan terminal bus antar kota dalam provinsi yang ada di Kedamin Kecamatan Putussibau Selatan wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat, hanya saja perlu dukungan penuh dari pemerintah daerah setempat.

"Terminal Kedamin itu memang kewenangan kami di provinsi, namun tidak terlepas juga kerjasama dari rekan-rekan di kabupaten, pada intinya kami siap fungsikan terminal tersebut," kata Ignasius, dihubungi ANTARA, dari Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu.

Disampaikan Ignatius, terminal tersebut akan segera difungsikan, akan tetapi harus ada kebijakan juga di daerah terkait pangkalan bus yang berada di luar terminal.

Menurut dia, fungsi kontrol dan pengawasan tidak terlepas dari peran Pemkab Kapuas Hulu khususnya Dinas perhubungan, bagaimana caranya agar semua angkutan umum khususnya bus semua mangkal di terminal Kedamin.

"Jangan sampai terminal kita fungsikan tetapi bus tidak mangkal di terminal, jadi perlu kerjasama kita semua," ucap Ignatius.

Terkait pembangunan atau pun rehab, kata Ignatius akan kembali dilakukan pada Tahun 2022 secara bertahap.

"Untuk pembenahan jelas kita akan benahi namun akan dilakukan rehab secara bertahap," kata dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat pada Selasa (8/6/2021) meminta agar Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar segera mengoperasikan terminal Kedamin.

"Kios-kios yang ada di terminal Kedamin tidak sesuai peruntukannya, jadi kami minta terminal itu segera difungsikan dari pada dijadikan sebagai kegiatan negatif yang meresahkan masyarakat," kata dia.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021