Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disporapar) Kota Pontianak mensosialisasikan pengembangan daya tarik wisata kepada sejumlah pengelola wisata di Kota Pontianak yang difokuskan di Kampung Caping.

"Dalam sosialisasi ini, kami menggandeng Generasi Digital Indonesia (Gradasi) Kalimantan Barat, serta beberapa himpunan dan organisasi masyarakat seperti Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) dan ASITA," kata Kepala Disporapar Pontianak, Syarif Saleh, di Pontianak, Sabtu.

Dia menjelaskan, tujuan dari sosialisasi tersebut sebagai upaya pihaknya untuk mengembangkan daya tarik wisata dengan meningkatkan SDM pada Destinasi Wisata Kota Pontianak. 

"Kita berharap agar masyarakat Kampung Caping dan tempat wisata lainnya dapat memahami dan mengetahui bagaimana caranya mempromosikan dan memanfaatkan media digital untuk perkembangan Kampung Caping ke depannya," tuturnya. 

Pada kesempatan itu Saleh mengatakan, saat ini pengelolaan wisata tidak bisa terlepas dari dunia digital, di mana masyarakat harus mampu dan bisa memanfaatkan dunia digital untuk mengelola dan mempromosikan desa wisata. 

"Saat ini pengelolaan kampung wisata tidak bisa lepas dari dunia digital, untuk itu, masyarakat Kampung Caping harus mampu dan bisa memanfaatkan dunia digital untuk mengelola dan mempromosikan desa wisata," katanya.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut, Ketua DPD Gradasi Kalbar, Sarfandi mengatakan pihaknya menyambut baik kegiatan sosialisasi pengembangan wisata tersebut, karena menurutnya, masyarakat wajib memahami dunia digital dan wajib meningkatkan kemampuan literasi digitalnya.

"Hal ini dikarenakan saat ini perkembangan zaman yang semakin hari semakin mengarah ke digitalisasi, untuk itu masyarakat kampung caping wajib mengetahui dan bisa mengimplementasikan kemampuan digital untuk mengembangkan kampung caping ke depannya," kata Sarfandi. 

Pada kegiatan tersebut, kata Sarfandi, Gradasi membawakan dua materi untuk mengedukasi masyarakat Kampung Caping, yaitu mengenai peningkatan literasi digital untuk warga desa wisata yang dibawakan langsung olehnya, kemudian materi Pengelolaan dan Promosi Destinasi Wisata Secara Digital yang dibawakan oleh Yoki Firmansyah M.Kom selaku wakil ketua bidang Pendidikan dan Pelatihan Gradasi Kalimantan Barat. 

"Kami dari Gradasi Kalbar, siap untuk berkolaborasi dengan semua pihak dalam memantapkan literasi digital masyarakat. Tidak hanya pada kegiatan pariwisata, tetapi juga bidang lainnya seperti pendidikan, kesehatan, UMKM, pencegahan Hoax dan bidang-bidang lainnya," kata Sarfandi.


 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021