Kambing peranakan Ettawa (PE) jadi usaha unggulan Koperasi Mekar Sari di wilayah perbatasan Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

"Produk yang dihasilkan berupa susu kambing, kambing potong, dan pupuk kandang," kata Ketua Koperasi Mekar Sari Ali Solihin, Sabtu.

Ia juga menyampaikan bahwa usahanya cukup terkena dampak di masa pandemi COVID-19 terutama terhadap keberlangsungan produksi.

"Namun dengan berbagai dukungan semua pihak usaha ini dapat bertahan. Mudah-mudahan ke depan dapat kembali bergerak," kata dia.

Sementara itu Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis saat berkunjung ke lokasi peternak di perbatasan memberikan arahan agar lokasi peternakan kambing PE Koperasi Mekar Sari di Dusun Raharja, Desa Mayak, Kecamatan Seluas, Bengkayang akan dijadikan "Kampung Kambing".

"Jadi Kampung Kambing nantinya akan dikembangkan secara sinergis antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," katanya.

Baginya selain bisa dikembangkan untuk peternakan juga dapat dijadikan sebagai tempat kunjungan wisata ternak, pusat magang dan pusat penelitian untuk pengembangan ternak kambing unggul di Kalbar.

"Kerjasama dengan Balai POM dan LPPOM MUI pun sudah dilakukan untuk sertifikasi izin edar BPOM maupun sertifikasi halal. Sertifikasi ini agar produk kita dapat dipasarkan dan memiliki daya saing regional maupun global," paparnya.

Selain itu ia juga memperhatikan pentingnya akses jalan secara bertahap di wilayah perbatasan Bengkayang.

"Hal ini sebagai upaya mewujudkan Kawasan Agrowisata Ternak dan peningkatan kesejahteraan masyarakat itu sendiri," ujarnya.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021