Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura (FKIP Untan) Pontianak bersama SMPN 4 Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, meningkatkan kerja sama melalui asistensi mengajar dalam konsep Kampus Merdeka.

"Tujuh mahasiswa asistensi mengajar ini berkontribusi dengan maksimal dalam berbagai hal dan aktualisasi ilmu yang didapat sepenuhnya diterapkan di sekolah," kata Guru Pamong Asistensi Mengajar SMPN 4 Sungai Raya, Sri Umbarisasi di Kubu Raya, Senin.

Ia mengatakan, sebelum program tersebut, SMPN 4 Sungai Raya pernah bekerja sama dengan mahasiswa dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan IV tahun 2019.

"Tentunya kerja sama yang dilakukan akan memberi keuntungan bagi kedua belah pihak," tuturnya.

Baginya dalam kerja sama tersebut pihak sekolah merasa terbantu dengan adanya mahasiswa asistensi mengajar.

"Pekerjaan yang belum terselesaikan dapat dilakukan bersama dan mahasiswa asistensi mengajar juga mendapatkan ilmu yang sebelumnya belum mereka ketahui," ujarnya.

Sementara itu, satu diantara mahasiswa asistensi mengajar SMPN 4 Sungai Raya, Muhammad Risky Firmansyah menyampaikan bahwa terdapat beberapa kegiatan yang diusulkan mahasiswa.

"Jadi dalam asistensi mengajar ini terdapat lima kegiatan yang kami usulkan, mulai dari manajemen perpustakaan, manajemen laboratorium komputer, pembuatan aplikasi sekolah berbasis website, belajar mengajar, hingga membantu guru," paparnya.

Dalam hal ini, mahasiswa asistensi mengajar telah melakukan kegiatan tersebut selama menjalani program.

Ketua Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Untan Agus Syahrani mengatakan, dalam program Kampus Merdeka ini ia betul-betul mengikuti dan berpartisipasi untuk mendorong mahasiswa mengambil haknya.

"Saya menyediakan karpet merah untuk para mahasiswa terpilih yang ingin ikut Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) agar mahasiswa menjadi lebih siap mengaplikasikan ilmunya di dunia nyata," tuturnya.

Baca juga: Balai Bahasa Kalbar latih mahasiswa MBKM magang FKIP Untan jadi peneliti
Baca juga: Antara Kalbar-FKIP Untan tingkatkan kerja sama Kampus Merdeka
Baca juga: Mahasiswa FKIP Untan pecahkan rekor dunia panjat tebing di AS

Pewarta: Rilis/Rahma Fadilla

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021