Perum LKBN Ankara Biro Kalimantan Barat bersama Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura (FKIP Untan) Pontianak meningkatkan kerjasama untuk program magang mahasiswa  melalui konsep Kampus Merdeka.

"Alhamdulillah, kemarin kita baru melepas tiga mahasiswa pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Untan yang magang di Antara Kalbar di mana mereka telah menyelesaikan masa magangnya. Kita juga sudah membahas kerjasama lebih lanjut dan akan kita tingkatkan lagi," kata Kepala LKBN Antara biro Kalimantan Barat, Teguh Imam Wibowo di Pontianak, Kamis.

Teguh mengatakan, sebelumnya Antara Kalbar juga sudah bekerjasama dengan Poltesa Sambas dan beberapa SMK yang ada di Pontianak terkait program magang tersebut. Selama ini, katanya, Antara membuka peluang kepada semua pihak baik bidang publikasi dan magang untuk siswa SMK dan mahasiswa dari perguruan tinggi.

"Tentunya kerjasama yang kita lakukan akan memberi keuntungan bagi kedua belah pihak sehingga setiap kerjasama yang dilakukan memberikan kontribusi bagi Antara dan pihak lainnya," tuturnya.

Menurut Teguh, setiap siswa dan mahasiswa yang magang di Antara Kalbar akan diberikan pengalaman kerja yang nyata sesuai dengan tugas yang diberikan.

"Untuk itu kita berterimakasih kepada FKIP Untan yang telah mempercayakan Antara untuk menjadi tempat magang bagi mahasiswanya. Mudah-mudahan kerja sama ini akan terus berlanjut," kata Teguh.
 
Kepala Biro Perum Antara Kalbar Teguh Imam Wibowo menyerahkan plakat Antara kepada Ketua Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Untan, Agus Syahrani (Dedi)

Di tempat yang sama, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Untan, Agus Syahrani mengatakan, prodi yang dipimpinnya memang baru tahun ini menitipkan mahasiswa magangnya di Antara Kalbar, terkait mata kuliah Jurnalistik.

"Kami melihat tiga mahasiswa magang yang kita titipkan di Antara Kalbar selama empat bulan mendapatkan pelajaran yang berharga dimana saya melihat sendiri perkembangan mereka dari berita yang mereka buat dan di publish di website Antara Kalbar," tuturnya.

Menurutnya, selama magang dan bertugas sebagai jurnalis dari tugas mahasiswa tersebut, jelas akan memberikan pelajaran berharga bagi mahsiswa tersebut karena mereka mampu membuat tulisan yang baik dan bersosialisasi dengan baik terhadap nara sumber yang ditemui.

"Untuk itu, kita jelas menyambut baik hal ini dan kerjasama ini akan kita mantapkan lagi. Semester depan, kami berencana akan kembali menitipkan mahasiswa magang di Antara dan semoga kerjasama ini terus berlanjut," tuturnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021