Pemerintah Kota Pontianak, di Kalimantan Barat, mendorong pengusaha skala besar menghimpun produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk menggerakkan perekonomian terdampak pandemi COVID-19.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Kalbar, Kamis, mengatakan di tengah krisis ekonomi ini, UMKM telah membantu pemerintah berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, khususnya Kota Pontianak.

Dia menjelaskan berdasarkan data yang ada, pelaku UMKM di Kota Pontianak tercatat sebanyak 60 ribuan, yang hampir 70 persennya bergerak di bidang kuliner.

Menurutnya, saat ini, belum ada pengusaha-pengusaha yang bersifat skala besar di Kota Pontianak yang bisa menghimpun produk-produk UMKM tersebut.

"Misalnya, pusat oleh-oleh Pontianak yang berskala besar," ujarnya saat membuka Business Matching Perluasan Akses Permodalan dan Capacity Building bagi UMKM yang digelar Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

Ia menambahkan pengusaha yang menghimpun produk-produk industri rumahan dengan packaging yang menarik serta berstandar internasional, bukan tidak mungkin bisa menjadi eksportir produk-produk UMKM.

Hal itu bisa terpenuhi apabila memiliki permodalan yang memadai, akses yang terbuka, pengetahuan pemasaran hingga jaringan pemasaran.

"Kita berharap jajaran TPAKD juga harus bisa memberikan kemudahan dan peluang serta inovasi yang kreatif untuk membangkitkan UMKM," ujarnya.

Dia menambahkan, Pontianak memiliki potensi yang terbuka lebar dalam mengembangkan bisnis UMKM. Apalagi distribusi barang sangat lancar karena ditunjang adanya pelabuhan sungai, pelabuhan udara, akses jalan darat dan sebagainya.

"Hal ini harus bisa dimanfaatkan secara maksimal, baik yang dari hulu hingga ke hilir," kata Edi yang juga selaku Ketua Pengarah TPAKD Kota Pontianak.

Dia berharap kegiatan Business Matching ini menjadi momen untuk meningkatkan literasi atau capacity building pelaku usaha mikro, dan peran pemerintah sangat dibutuhkan di tengah kondisi pandemi. Pemerintah Kota Pontianak sudah berkomitmen untuk terus menjadikan pelaku UMKM sebagai primadona pertumbuhan ekonomi di Kota Pontianak.

"Marilah kita bersama-sama bersinergi dan berkolaborasi terutama pelaku sektor keuangan dan perbankan untuk membangkitkan UMKM di Kota Pontianak," katanya.

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021