Para pemuda dari berbagai etnis di Provinsi Kalimantan Barat, Kamis, mendeklarasikan organisasi Pemuda Lintas Etnis Kalbar pada momentum peringatan hari Sumpah Pemuda ke-93.

"Hari ini kami dari berbagai organisasi dan elemen pemuda dari berbagai etnis dan agama mendeklarasikan sebuah organisasi dengan nama Pemuda Lintas Etnis Kalbar," kata Majelis Tinggi Pemuda Lintas Etnis Kalbar, Guntur Perdana di Pontianak.

Dia menjelaskan, deklarasi Pemuda Lintas Etnis Kalbar bertujuan untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa hari ini ada organisasi lintas etnis di Provinsi Kalbar. 

"Hal ini mendasari dikarenakan banyaknya organisasi kesukuan maka diperlukan satu organisasi untuk menampung organisasi kesukuan yang telah ada. Berdasarkan data sekitar 19 organisasi masing-masing etnis yang mengikuti deklarasi kami hari ini," katanya.

Dia menambahkan, pihaknya memang sengaja memilih di momentum sakral peringatan hari Sumpah Pemuda ini, guna memberikan pesan kepada masyarakat Kalbar bahwa persatuan itu di atas segalanya. 

"Melalui momentum ini kami membantu pemerintah dalam upaya membangun Kalbar semakin maju lagi, apalagi Kalbar menghadapi tantangan terkait stabilitas keamanan, sehingga hadirnya organisasi ini harus menjadi solusi bukan malah menjadi masalah," ujarnya.

Dia menambahkan, organisasi Pemuda Lintas Etnis Kalbar tentunya akan selalu bermitra dan berkoordinasi dengan pihak terkait yang menangani hal tersebut.

"Di Provinsi Kalbar kita harus terus memupuk dan memunculkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kestabilan yang ada, dan mendorong kesadaran masyarakat agar melek baik pendidikan, kesadaran dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa," ujarnya.

Dia berharap, persatuan dan kesatuan, stabilitas keamanan dan kerukunan antar etnis dan agama yang sudah terjaga dengan baik ini agar tetap terjaga. "Kami juga akan mempersiapkan program kerja dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan di Kalbar dan Indonesia umumnya," katanya.

Sementara itu, mewakili Gubernur Kalbar Sutarmidji, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kalbar, Manto menyambut baik terbentuknya organisasi Pemuda Lintas Etnis Kalbar.

Menurut dia, dengan adanya organisasi tersebut, maka akan memperkaya khasanah keorganisasian berbangsa dan bernegara di Kalbar.

"Saat ini kehidupan masyarakat memiliki dinamika dengan banyaknya media sosial yang sering dijadikan atau disalahgunakan untuk menyebar hoaks atau informasi bohong. Oleh sebab itu dengan adanya organisasi lintas etnis seperti ini maka dapat mengantisipasi potensi konflik di masyarakat," katanya.

Dia meyakini peran pemuda bisa menjadi penggerak dan memberikan kontribusi positif ke masyarakat, sehingga bila ada potensi konflik dan gesekan sudah ada wadahnya untuk mereka bertemu dengan baik, karena para pemuda sudah duduk dengan harmonis,'' ujarnya.

 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021