Kwartir Daerah (Kwarda) Kalbar mencanangkan lima program strategis yang menjadi sebuah acuan bagi kwartir Cabang (Kwarcab) dalam pelaksanaan program kerja di tahun 2022 agar program kerja yang disusun sejalan dengan apa yang menjadi pedoman provinsi tersebut.

"Melalui rapat kerja daerah atau Rakerda, kami telah mengeluarkan lima program strategis Kwarda Kalbar.  Dengan program tersebut menjadi pedoman Kwarcab juga. Dalam hal ini harapannya bahwa dilaksanakannya Rakerda ini semua berkolaborasi untuk menyusun program kerja dengan memiliki tujuan dan langkah yang sama," ujar Ketua Kwarda Kalbar, Syarief Abdullah Alkadri  di Pontianak, Minggu.

Ia menjelaskan lima program tersebut yakni pengembangan dan peningkatan kualitas peserta didik melalui pencarian potensi dan bakat dari semua golongan untuk memperoleh tingkatan tertinggi yaitu pramuka garuda

Selanjutnya pengembangan dan peningkatan kualitas pembina dan pelatih melalui program pelatihan yang dilaksanakan di setiap jajaran.

"Kami juga mendorong pengembangan dan peningkatan kualitas kegiatan dengan cara melibatkan lembaga pemerintahan dan swasta untuk menunjang kegiatan pramuka seperti kegiatan ke-SAKA-an," jelas dia.

Ia menambahkan penting juga pengembangan dan peningkatan sarana prasarana yang disesuaikan dengan kemampuan serta potensi di setiap kwartir.

"Pengembangan dan peningkatan organisasi melalui fungsi koordinasi, komunikasi, mediasi, dan advokasi sesuai dengan AD/ART gerakan pramuka di setiap jajaran terus juga kita galakkan," kata dia.


Dalam Rakerda dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji. Pada kesempatan itu ia menyampaikan permintaannya kepada segenap pengurus kwartir khususnya Kwarda untuk memperhatikan isu yang sedang dirasakan bersama, yaitu mensukseskan program percepat vaksinasi COVID- 19.

"Diharapkan anggota pramuka bisa menjadi pelopor dalam melaksanakan vaksinasi karena cakupan baru 40 persen. Masih banyak lagi. Sedangkan target kalau saya 65 persen itu sudah baik," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021