Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Malkiades Laka Lena saat melakukan kunjungan kerjanya di Pontianak, Kalimantan Barat menyatakan, pihaknya siap membantu masyarakat Kalbar yang terdampak bencana banjir dari aspek kesehatan yang dibidangi Komisi IX DPR RI.

"Kami dari Komisi IX DPR RI sangat prihatin dengan bencana banjir yang dialami sebagian masyarakat Kalbar, maka sesuai tupoksi kami akan membantu dari aspek kesehatan bagi masyarakat yang terdampak banjir," kata Emanuel Malkiades Laka Lena di Pontianak, Kamis.

Ia mengatakan, dirinya tahu kondisi banjir di Kalbar dari Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, dan pihaknya siap membantu masyarakat dari aspek kesehatan.

Ia menambahkan, pihak akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Nadional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam penyaluran bantuan kesehatan kepada para korban banjir tersebut.

"Sejauh Pemrov Kalbar sudah mengirimkan surat terkait bantuan baik itu kepada PNPB untuk penanganan secara umum maupun khususnya ke Menteri Kesehatan terkait bantuan obat-obat tertentu," kata Emanuel.

Ia sangat yakin terkait bantuan kesehatan itu, pemerintah pusat dengan dukungan penuh Komisi IX DPR RI, bantuan obat-obatan dapat segera disalurkan sesuai permintaan Gubernur Kalbar.
 
"Biasanya itu ada protapnya, dimana paska banjir biasanya ada pencegahan penyakit bagi para korban banjir menular saat berada bersama. Apalagi saat ini masih pandemi COVID-19. Melihat kondisi itu pasti ada permintaan gubernur kepada Kemenkes RI dalam penanganan kesehatan korban banjir," katanya.
 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021