Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Provinsi Kalimantan Barat saat ini sudah menampung 4.000 paket bantuan sembako  untuk warga terdampak banjir lima kabupaten yaitu Sintang, Sekadau, Sanggau, Melawi dan Kapuas Hulu.

"Bersyukur sebagaimana arahan Bapak Gubernur Kalbar dan dibentuknya Satgas Penanggulangan Bencana Kalbar yang terdiri beberapa OPD sejauh ini berjalan baik dan tim solid. Terkumpul bantuan dari berbagai pihak dan saat ini sudah 4.000 paket sembako yang siap disalurkan," ujar koordinator Satgas Penanggulangan Bencana Kalbar yang juga Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar, Heronimus Hero di Pontianak, Kamis.

Ia menjelaskan dalam waktu yang singkat dan segera koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak mulai swasta, masyarakat dan di lingkungan pemerintah provinsi dan pusat terutama instansi vertikalnya yang ada di Kalbar berjalan lancar. Hal itu ditunjukkan dengan respon dan bantuan yang terus mengalir.

"Respon para pihak sangat baik dan cepat. Ini tentu memang tugas kita bersama dan perlu langkah cepat untuk membantu saudara kita yang terdampak banjir" jelas dia.

Pihaknya menargetkan ada 6.000 paket untuk tahap awal bantuan yang akan segera disalurkan ke masyarakat. Ia menyakini bisa tercapai mengingat antusias para pihak dalam membantu sangat tinggi.

"Bantun sembako berupa beras, mie instan, ikan sarden kaleng, gula, susu dan juga ada obat - obatan, pempes dan lainnya," kata dia.

Menurutnya, selain 4.000 paket sembako komplit juga sudah ada terkumpul 24 ton beras dan sejumlah barang lainnya yang tidak dipaketkan.

"Ini segera dipaketkan agar di lapangan tinggal menyerahkan ke penerima. Dalam dua hari ini bagaimana bantuan yang ada segera kami serahkan. Tentu ini dibantu TNI dan Polri dan Pemda setempat. Kami atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan peran semua pihak dalam pemberian bantuan. Semoga banjir ini segera surut," harap dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021