Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kapuas Hulu Muhammad Kharbi mengatakan realisasi pelaksanaan pekerjaan fisik pembangunan jembatan dan jalan kabupaten di wilayah ini pada 2021 sudah mencapai 97,26 persen.

"Ada 22 paket pekerjaan fisik untuk jalan dan jembatan tahun ini dengan total anggaran Rp98 miliar, kegiatan fisik sudah mencapai 97,26 persen," kata Muhammad Khabri, di Putussibau Kapuas Hulu Kalbar, Selasa.

Ia menjelaskan sebanyak 22 paket proyek tersebut, yang mencakup 19 ruas jalan dan tiga jembatan, rata-rata sudah selesai, meski terdapat dua paket pekerjaan yang masih dalam pekerjaan dan sudah hampir rampung.

Menurut dia, kondisi alam seperti curah hujan dan banjir sempat menjadi kendala dalam pekerjaan fisik pembangunan.

"Ada beberapa pekerjaan akan kita lanjutkan tahun depan dan sudah kami usulkan, tergantung lagi dengan anggaran," kata Khabri.

Saat ini, total jalan kabupaten di Kapuas Hulu sepanjang 1.108,3 kilometer, sudah 316,4 kilometer dalam kondisi baik. Sedangkan jalan sepanjang 363,6 kilometer dalam kondisi sedang dan 246,15 kilometer dalam kondisi rusak berat.

"Kami terus berupaya untuk membangun infrastruktur jalan dan jembatan, kita terkendala keterbatasan anggaran serta wilayah Kapuas Hulu yang cukup luas, namun kami tetap ada skala prioritas, jadi tidak bisa melakukan pembangunan sekaligus," kata Kharbi.

Selama ini, pelaksanaan pembangunan infrastruktur darat tersebut menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU).
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021