Bupati Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) Muda Mahendrawan meminta kepada semua pihak untuk bisa menerima ketetapan hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021 yang dilaksanakan di 39 desa di kabupaten itu.

"Kita bersyukur karena pelaksanaan pilkades serentak di 39 desa sampai akhir pencoblosan dan perhitungan suara kemarin bisa berjalan lancar. Namun, untuk penetapannya kami minta masyarakat dan semua calon kades yang bertarung bisa menerimanya dan bersabar menunggu penetapannya," kata Muda di Sungai Raya, Kamis.

Dia mengatakan, berdasarkan data dari 39 desa, sebanyak 140 ribu jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkades Serentak 2021 ini dan diharapkan jumlah ini bisa lebih maksimal dan meningkat jumlah pemilihnya jika dibandingkan pada Pilkades Serentak 2019.

Bupati Muda optimistis dan berharap semua calon kades ini sudah memiliki pemikiran yang luas dan pilkades serentak ini merupakan bagian dari proses demokrasi yang baik sehingga calon kades ini memiliki semangat yang tinggi untuk mempercepat memajukan desanya masing-masing.

"Saya yakin semua calon kades ini memiliki niat yang baik dan dan saya harapkan semua Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) bekerja profesional. Mengingat semua PPKD ini sudah menerima pembekalan dan pelatihan termasuk yang berada di wilayah pesisir Kubu Raya," tuturnya.

Muda menuturkan, jumlah calon kades yang ikut dalam kontestasi Pilkades Serentak 2021 ini sebanyak 160 calon yang tersebar di 39 desa.

"Dalam pelaksanaannya, seluruh TPS juga dilakukan pengecekan suhu terlebih dahulu dari masing-masing puskesmas dan tetap memperhatikan protokol kesehatan", ujar bupati.

Bupati menyampaikan, pada hari pencoblosan kemarin, pihaknya juga melakukan sebaran vaksinasi COVID-19 desa-desa juga tetap dilakukan di sejumlah titik.

"Momentum itu kita manfaatkan sebaik mungkin untuk mengejar target herd immunity, karena setiap hari juga vaksinasi tetap kita laksanakan, termasuk juga vaksinasi di wilayah pesisir Kubu Raya," katanya.

Pada kesempatan itu, Muda juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Polres Kubu Raya, Kodim 1207 Pontianak, Polsek dan Babinsa serta Bhabinkamtibmas yang turut mengawal pelaksanaan pilkades serentak ini sehingga pelaksanaannya bisa berjalan aman, damai dan tertib.

"Termasuk juga puskesmas di semua kecamatan yang juga turut mengawal dan memastikan untuk hal-hal yang menyangkut kesehatan masyarakat. Tentunya kondisi ini membuktikan demokrasi sebagai potret untuk kemajuan fikiran dalam mewujudkan demokrasi yang baik," kata Muda.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021