Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Mempawah menggelar lomba fotografi dengan tema "Optimalisasi Sumber Daya Pertanian menuju Swasembada Pangan Berkelanjutan".

Menurut Ketua Panitia, Wan Fikri Zulfikar di Mempawah, Senin, lomba tersebut bertujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan sumber daya pertanian Kabupaten Mempawah.

Baca juga: Inilah pemenang The Beauty Colour of Kalbar 2020 Disporapar

"Juga agar masyarakat lebih bisa mengeksplore kegiatan-kegiatan pertanian yang ada di Kabupaten Mempawah," kata dia.

Ia menambahkan, selain itu untuk mengoptimalkan sumber daya pertanian di Kabupaten Mempawah agar masyarakat bisa lebih mengenal beragam industri-industri pertanian yang ada.

"Selain tentunya untuk mendorong pengembangan kreatifitas, bakat, minat dan kemampuan di bidang fotografi," kata dia.

Baca juga: BPJAMSOSTEK gelar lomba foto total hadiah Rp105 Juta

Ia melanjutkan, Kabupaten Mempawah mempunyai sektor pertanian yang terbilang lengkap. "Jadi, selain potensi pertanian, dengan fotografi juga dapat menggali potensi wisata yang ada di sekitar kawasan pertanian tersebut," ungkap dia.

Dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari Kota Pontianak, serta potensi pertumbuhan di kawasan Pelabuhan Kijing yang terus meningkat baik orang maupun barang, maka wajar jika sektor pertanian dapat bergandengan dengan wisata.

"Orang yang sudah lelah bekerja, bisa menikmati keindahan alam sektor pertanian di Kabupaten Mempawah, ini menjadi tujuan lain dari kegiatan ini," katanya menegaskan.

Panitia sudah mengumpulkan puluhan karya fotografi yang dikirimkan dari peserta. Rencananya, akan dipilah 10 foto terbaik untuk dipilih menjadi pemenang. Pengumuman dijadwalkan pada Rabu (22/12) di Kantor Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Mempawah.

Baca juga: Lomba Foto Adventure Tourism diharapkan warnai pariwisata tanah air

Selain Mempawah Art Photography, panitia juga menggandeng Perum LKBN ANTARA Biro Kalbar untuk lomba fotografi tersebut. "Ini ide yang luar biasa meski sederhana, tapi mempunyai efek berganda. Selain mengangkat sektor pertanian, juga pariwisata yang ada di Kabupaten Mempawah," kata Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Kalbar Teguh Imam Wibowo.

Ia berharap, ada tindak lanjut dari kegiatan tersebut ke depannya. "Salah satu kekuatan ANTARA sebagai Kantor Berita resmi Negara adalah di bidang fotografi, dan kami menyadari bahwa foto membuat sebuah informasi yang disampaikan menjadi semakin kuat dan lebih mudah diterima masyarakat," ujar dia.

Selain penyerahan lomba fotografi, pada Rabu (22/12) juga akan diluncurkan beras lokal Kabupaten Mempawah, penyerahan bantuan serta pasar tani.

Baca juga: Lomba Foto

Pewarta: Rilis

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021