Gubernur Kalimantan Barat Sutarmijdi mengatakan pemprov setempat akan mengejar capaian vaksinasi COVID-19 di daerah itu hingga 64 persen pada akhir Desember 2021.

"Capaian vaksinasi harus 70 persen sampai Januari, sedangkan hingga akhir Desember ini kita menargetkan capaian vaksinasi bisa mencapai 63 sampai 64 persen. Makanya kita menggelar vaksinasi COVID-19 bersama Kodam XII Tanjungpura di Desa Mega Timur hari ini dan akan berlanjut ke daerah lainnya," katanya saat menghadiri vaksinasi massal digagas Kodam XII Tanjungpura di Desa Mega Timur, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kamis.

Baca juga: Dinkes gandeng Dishub Kubu Raya gelar vaksinasi COVID-19 di Posko Natal

Dia mengatakan saat ini vaksinasi di Kubu Raya belum mencapai 50 persen. Padahal cakupan wilayahnya besar, setelah Pontianak dan Sambas.

"Untuk itu, kita akan keroyokan dalam melakukan vaksinasi ini, untuk Kubu Raya dengan melibatkan TNI/Polri serta pihak terkait lainnya," tuturnya.

Baca juga: Salim Group gelar vaksinasi tahap dua di Silat Hilir Kapuas Hulu

Pihaknya menargetkan hingga akhir tahun ini vaksinasi di Kalbar bisa mencapai 63-64 persen, karena memang sulit untuk mencapai 70 persen dari total sasaran.

"Ini sudah kita sampaikan kepada Mendagri, mengingat kondisi geografis Kalbar yang memang sulit, di mana ada 20 persen penduduk di Kalbar yang sulit diakses untuk melakukan vaksinasi. Misalnya untuk Kecamatan Sungkung, untuk ke sana harus menggunakan jalur udara, karena susah di akses dengan jalur darat," kata dia.

Baca juga: Epidemiologi : Cegah penyebaran Omicron dengan perluasan sasaran vaksinasi

Selain itu, ada juga wilayah yang bisa diakses dari jalur darat, namun petugas harus menempuh perjalanan hingga dua hari untuk sampai lokasi itu.

"Ini harus menjadi pertimbangan dan kita harus berupaya untuk mencapai sasaran vaksin di sana," katanya.

Baca juga: Capaian vaksinasi COVID-19 di Kota Singkawang sudah 70 persen

Di tempat yang sama, Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto mengatakan pihaknya siap untuk mempercepat capaian vaksinasi COVID-19 di Kalbar, khususnya untuk daerah yang sulit diakses.

"Jika ada daerah yang sulit diakses, kita akan mengerahkan helikopter untuk mengakomodasi vaksin dan tenaga vaksinatornya," tuturnya.

Baca juga: Penerima PBI Jamkesda Kubu Raya wajib divaksinasi

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021