Wali Kota Pontianak, Kalimantan Barat Edi Rusdi Kamtono mengaku pihaknya terus berupaya mempercepat target vaksinasi dan memperketat penerapan protokol kesehatan dalam mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 varian Omicron di kota itu.

"Ada dua cara mengatasi varian Omicron ini, yakni mempercepat target vaksinasi yang kini capaiannya sudah 88 persen dari 400 ribuan warga Pontianak, dan menerapkan protokol kesehatan," kata Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Selasa.

Baca juga: Layanan puskesmas diminta 24 jam terkait lonjakan kasus omicron

Selain itu, lanjutnya, masyarakat juga diminta untuk tetap tenang dan tidak panik, tetapi patuh terhadap protokol kesehatan, sehingga aktivitas tetap berjalan dan kesehatan tetap terjaga.

Untuk status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Pontianak berada pada level dua sebagaimana yang ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri. "Daerah harus melaksanakan apa yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat, termasuk Instruksi Gubernur Kalbar terkait penanganan COVID-19," ungkap Edi.

Pihaknya bersama Satgas COVID-19 Kota Pontianak terus berupaya melakukan pencegahan untuk menekan angka kasus konfirmasi positif COVID-19, sebagaimana prediksi pemerintah pusat, puncak Omicron di Indonesia diperkirakan pada Februari dan Maret 2022.

Edi menyebut langkah yang akan dilakukan dalam mengantisipasi "ledakan" varian Omicron ini sama halnya dengan saat penanganan varian Delta yang mengakibatkan melonjaknya kasus COVID-19. "Jadi, kita sekarang lebih memperketat dan menggiatkan Satgas COVID-19 untuk monitoring di lapangan," ujarnya.

Saat ini, tingkat keterisian rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) masih dalam kondisi normal.

Baca juga: Begini cara kerja PCR 0+ untuk mendeteksi Omicron

Ia mengingatkan seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan, karena itu adalah kunci untuk mencegah penularan COVID-19, apalagi varian Omicron penularannya lebih cepat dan mudah. "Karena itu kita tidak boleh lengah, kuncinya selalu terapkan protokol kesehatan," katanya.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak dr Rifka menyatakan pihaknya telah menyiapkan sebanyak 85 tempat tidur sebagai antisipasi lonjakan kasus COVID-19 varian Omicron di kota itu.

Dia menjelaskan dari 85 tempat tidur itu, terdiri atas enam untuk ICU atau ruang perawatan intensif dan 79 tempat tidur untuk isolasi pasien COVID-19.

Baca juga: Pemkot siapkan petugas kesehatan 24 jam antisipasi kenaikan Omicron di Pontianak

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022