Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa dan Daerah Tertinggal Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat Rudi Hartono menyebutkan bahwa penyaluran Dana Desa (DD) tahap pertama di daerah itu sudah terealisasi 100 persen.

"Penyaluran bantuan DD sudah menyesuaikan dan berpatokan pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 190 Tahun 2021. Penyaluran DD tahap pertama sudah dilakukan 100 persen," Kata Rudi Hartono saat dihubungi di Bengkayang, Rabu.

Baca juga: Ada 40 desa di Kapuas Hulu belum cairkan Dana Desa

Baca juga: Karolin instruksikan Pemdes ikut cegah stunting

Ia menjelaskan bahwa untuk penyaluran DD tersebut melalui beberapa tahapan, tergantung pada status tiap-tiap desa. Untuk desa yang masuk golongan desa mandiri melalui dua tahapan. Sementara untuk desa dengan golongan di luar desa mandiri terbagi menjadi tiga tahapan.

"Kalau tergolong desa mandiri ada dua tahapan, yakni tahap pertama harus selesai Juni dan kedua Desember. Untuk status desa selain desa mandiri, ada tiga tahapan, pertama Juni, kedua Juli, dan ketiga Desember," ujarnya.

Ia memastikan untuk Kabupaten Bengkayang pihaknya sudah menetapkan target kinerja tersendiri, termasuk penetapan tiga tahapan penyaluran DD untuk desa yang bukan berstatus bukan desa mandiri.

Baca juga: Presiden ingatkan dana desa untuk ekonomi lokal

Baca juga: Mahfud MD sebut status tersangka Nurhayati akan dicabut

"Pertama kami menyelesaikan April dan nanti tahapan kedua pada Juli, serta ketiga di November. Alhamdulillah, awal Mei 2022, kita masuk tiga besar se-Kalbar yang sudah menyelesaikan penyaluran DD tahap pertama. Kami berharap penerima manfaat dari DD tersebut dapat memberikan dampak yang baik bagi masyarakat, terutama dalam menunjang kebutuhan ekonomi keluarga," katanya.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalbar, pagu DD dan BLT DD di Kabupaten Bengkayang untuk 2022 sebesar Rp104,39 miliar.

Baca juga: Kejaksaan tangani perkara pungli Rp2,2 juta libatkan wasit di Pontianak

Baca juga: Lima desa di Kapuas Hulu tidak cairkan Rp1,4 miliar dana desa Tahun 2021

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022