Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, meluncurkan aplikasi e-Ling (Electronic Legal Drafting) untuk memudahkan perangkat daerah memantau proses penyusunan produk hukum di lingkungannya.

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Kayong Utara, Syarif Muhamad Damiri di Sukadana, Rabu mengatakan, hari ini pihaknya melakukan sosialisasi optimalisasi penyusunan produk hukum daerah melalui e-Ling kepada perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kayong Utara.

Baca juga: Dewan KKU harap Pemprov perhatikan Jalan Siduk-Teluk Batang

Baca juga: Kayong Utara lakukan pemetaan distribusi BBM dan elpiji

"Jika kita melihat kondisi saat ini, penyusunan produk hukum daerah seperti Peraturan Bupati, Keputusan Bupati, masih belum optimal, tidak ada batasan waktu yang jelas, sehingga berdampak terhambatnya kinerja perangkat daerah lain," katanya.

Menurut Damiri, hal ini dikarenakan penyusunan produk hukum masih dilakukan secara manual, selain itu belum adanya digitalisasi dokumen hukum, dan tidak terkontrolnya tahapan penyusunan produk hukum.

“Karena kebutuhan produk hukum sebagai dasar pelaksanaan kegiatan, dan penyusunannya diperlukan upaya yang cermat dan yang terpenting kepastian waktu, maka kita lakukan pembuatan sebuah aplikasi yang dinamakan e-Ling,” katanya.

Baca juga: Sinergi bersama membangun Kabupaten Kayong Utara

Dia menegaskan, bahwa tujuan dari dibuatnya e-Ling ini, selain mensukseskan misi Pemkab Kayong Utara yaitu meningkatkan penerapan prinsip-prinsip good and clean governance serta ketaatan hukum dan perundang-undangan, juga sebagai upaya harmonisasi beberapa produk hukum dari organisasi perangkat daerah sesuai dengan kaidah penyusunan produk hukum.

“Tujuan besarnya adalah, terwujudnya optimalisasi penyusunan produk hukum secara elektronik yang sudah dilengkapi dengan sistem tracking produk hukum untuk internal bagian hukum, maupun perangkat daerah pengusul," katanya.

Damiri berharap, dengan adanya e-Ling ini dapat mempermudah dan meningkatkan kualitas produk dan pelayanan yang diberikan, sehingga semakin meningkatkan kinerja pemerintah daerah.

Baca juga: Polres Kayong Utara gelar Latpraops Operasi Patuh Kapuas

Baca juga: Pemkab Kayong Utara berusah perjuangkan tenaga honorer daerah

Pewarta: Andilala dan Rizal

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022