Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar Festival Nusantara Gemilang dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Bhayangkara Ke-76.

"Festival Nusantara Gemilang adalah festival seni dan budaya dari berbagai daerah, di antaranya lomba sumpit, gasing, tari japin, sape dan beragam kegiatan lainnya," kata Kepala Bidang Humas Polda Kalbar, Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan di Pontianak, Minggu.

Baca juga: Polisi tanam 3.000 bibit di lahan kritis
Baca juga: Polres Kayong Utara gelar turnamen voli peringati Hari Bhayangkara ke-76

Dia menjelaskan berbagai macam lomba tradisional itu diselenggarakan Polda Kalbar dalam menyambut dan Hari Bhayangkara 2022 yang diikuti oleh seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Kalbar.

"Puncak Festival Nusantara Gemilang tersebut juga akan dimeriahkan dengan atraksi Barongsai, tari multietnis, musik akustik serta pertunjukan kembang api," ujarnya.

Baca juga: Peringatan HUT Bhayangkara, Polda Kalbar gelar bansos serentak
Baca juga: Disdik dan Polres Landak gelar lomba cerdas cermat peringati Hari Bhayangkara ke-76

Dia menambahkan Festival Nusantara Gemilang ini merupakan wujud kebanggaan sekaligus melestarikan seni budaya Nusantara, juga perwujudan persatuan dan kesatuan bangsa yang diikat oleh semangat Pancasila.

Jansen menambahkan tujuan dilaksanakan perlombaan ini untuk mempererat tali silaturahim kepolisian bersama masyarakat dan sekaligus melestarikan budaya dan kearifan lokal yang ada di Kalbar

Baca juga: Disdik dan Polres Landak gelar lomba cerdas cermat peringati Hari Bhayangkara ke-76

"Di samping memeriahkan Hari Bhayangkara, lomba ini juga sebagai upaya menjaga budaya kearifan lokal dan juga penting dilakukan selain untuk mempertahankan tradisi juga memberikan edukasi kepada para penerus karena kegiatan ini sangat baik dan ini akan terus digelorakan serta juga dalam mendidik generasi muda untuk tetap mengarah hal yang positif," katanya.

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022