Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat terus memperbanyak berbagai fasilitas olahraga dalam mewujudkan "Sport City" atau kota olahraga di kota itu.

"Pemkot Pontianak senantiasa memberikan ruang bagi aktivitas olahraga, terutama sarana prasarana di lingkungan sekolah, baik sebagai penjaring bibit prestasi maupun pembentuk karakter tubuh yang kuat," kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Senin.

Baca juga: Istora Bangkit bukti pemerintah wujudkan fasilitas olahraga canggih di Papua
Baca juga: Disporapar Bengkayang dorong setiap desa maksimalkan fasilitas olahraga
Baca juga: Kota Pontianak targetkan juara umum Popda Kalbar

Dia juga menyebutkan, pihaknya saat ini juga sedang menyiapkan rencana untuk membangun lapangan futsal, bola voli, basket hingga mini soccer di setiap sekolah.

"Apalagi memasuki tahun 2022, sektor ekonomi mulai bangkit kembali, tidak terkecuali olahraga. Hal yang sama juga harus dirasakan dunia olahraga di Kota Pontianak,” imbuhnya.

Baca juga: Bupati Citra dorong desa siapkan fasilitas olahraga
Baca juga: Kubu Raya Pinjam Fasilitas Olahraga Pontianak
Baca juga: Bupati Karolin lepas kontingen Popda Kalbar

Edi kemudian menilai perlunya usaha yang lebih untuk mewujudkan Kota Pontianak sebagai Sport City. Selain dari pembinaan atlet dan pemberdayaan pengurus di tiap cabang olahraga, kelengkapan fasilitas olahraga juga harus disiapkan.

Dia menambahkan, lahan yang terbatas menjadi pertimbangan dalam membangun sarana olahraga di kota itu.

“Kalau sudah siap, di manapun kita berada, di situ ada tempat olahraga,” katanya.

Baca juga: Bupati janjikan rewad bagi atlet Kapuas Hulu berprestasi di Popda Kalbar
Baca juga: Pelajar SMAN 1 Sukadana raih emas di Popda Kalbar 2019

Edi menambahkan, pembinaan atlet di Kota Pontianak sempat terhalang akibat pandemi COVID-19. Renovasi lapangan sepakbola yang semula direncanakan, terpaksa harus diundur karena refocusing anggaran.

Kendati demikian, menurut Edi, pihaknya terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas olahraga di Kota Pontianak. Terlebih, hal itu telah menjadi salah satu prioritasnya dengan menjadikan Kota Pontianak sebagai Sport City.

“Tahun 2020 saya sudah anggarkan kemarin, untuk merehab lapangan sepakbola yang ada di Untan Pontianak. Saya juga ada rencana untuk mini soccer, tapi tertunda dampak COVID-19," jelasnya.

Baca juga: 80 atlet Kota Pontaianak ikut Popda tingkat Provinsi Kalbar
Baca juga: Dewan puji atlet Sintang ikuti Popda tanpa dibiayai
Baca juga: Bupati Kubu Raya berikan bonus untuk atlet Popda

 

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022