Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat menggelar pelatihan kewirausahaan bagi UMKM untuk mendorong para pelaku usaha naik kelas.

"Hari ini kami melaksanakan pelatihan wirausaha bagi UMKM agar bisa naik kelas yang juga dirangkaikan dengan peringatan Hari Koperasi Nasional. Kami menggandeng Indomaret dan beberapa pendukung lainnya untuk memberikan pelatihan bagi UMKM," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kubu Raya, Nora Sari A Rani di Sungai Raya, Selasa.

Nora menjelaskan, dalam pelatihan tersebut peserta diarahkan untuk menyiapkan produknya agar memiliki legalitas dan pengemasan yang baik agar bisa dititipkan di setiap gerai Indomaret.

"Makanya kita menggandeng pihak Indomaret agar bisa memberikan penjelasan apa saja kriteria produk agar bisa dititipkan di gerai Indomaret. Selain itu UMKM juga kita latih bagaimana membuat produk yang memiliki standar jual yang baik," tuturnya.

Di tempat yang sama, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan berharap UMKM Kubu Raya bisa meningkatkan kualitas produknya agar mampu bersaing dengan produk luar.

"Namun saya bersyukur karena bisa kita lihat sendiri, produk-produk yang di miliki UMKM dalam kegiatan pelatihan ini sudah memiliki kemasan yang baik dan saya yakin kualitasnya tidak kalah dengan produk luar sehingga bisa di titipkan di pusat perbelanjaan modern," kata Muda.

Dia menambahkan Pemkab Kubu Raya juga berkomitmen untuk meningkatkan kualitas produk UMKM, dengan memberikan fasilitasi pengurusan perizinan, baik PIRT, Hallal dan hal-hal lainnya yang diperlukan oleh UMKM.

"Dengan sistem informasi geospasial yang kita miliki saat ini, kita lebih mudah melakukan pendataan bagi UMKM, sehingga kita bisa memberikan bantuan dengan lebih tepat sasaran," tuturnya.

Melalui pelatihan tersebut pihaknya berharap agar para pelaku UMKM bisa memanfaatkan kesempatan itu untuk terus berinovasi dalam pengembangan produknya.

"Saya yakin UMKM Kubu Raya bisa terus menanjak dan menghadirkan produk-produk berkualitas," kata Muda.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022