Pj Bupati Landak, Provinsi Kalimantan Barat Samuel mengharapkan pemerintah desa untuk bisa memberikan porsi anggaran lebih untuk peningkatan SDM di desa, agar masyarakat bisa melahirkan berbagai inovasi dalam mempercepat pembangunan di daerahnya.

"Bisa kita lihat sendiri, pembangunan desa saat ini masih terfokus pada kegiatan Infrastruktur, sedangkan kegiatan-kegiatan yang bersifat pembangunan manusia atau pemberdayaan masyarakat porsinya dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa  (APBDS) masih sangat minim," kata Samuel di Ngabang, Minggu.

Baca juga: Mantan Bupati Landak apersiasi Pemprov Kalbar terkait pembangunan SMA 4 Ngabang
Baca juga: Pj Bupati Landak minta DAD fokus lestarikan budaya Dayak
Baca juga: Pj Bupati Landak tutup Rakerda LP3KD Kalbar
Baca juga: Kabupaten Landak bangun RS Pratama di Mempawah Hulu

Menurutnya, pembangunan SDM juga sangat penting untuk meningkatkan berbagai indeks pembangunan di suatu daerah. "Kalau jalannya bagus, tapi SDM yang ada tidak dimaksimalkan, tentu juga tidak baik," tuturnya.

Samuel juga berharap program inovasi desa di munculkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat  desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan di desa secara berkualitas.

"Saya sangat mengapresiasi adanya inovasi yang di lakukan oleh pemerintah ini karena Program Inovasi Desa merupakan salah satu upaya Kementerian Desa untuk Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia," kata Samuel.

Baca juga: Penjabat Bupati Landak imbau Pemdes jadi peserta JKN-KIS
Baca juga: Keluarga Berisiko Stunting di Landak mencapai 44 ribu lebih
Baca juga: CSR perusahaan di Kabupaten Landak diminta untuk majukan pariwisata
Baca juga: Bupati Landak ajak masyarakat untuk cegah pernikahan dini

Dia juga juga mengatakan inovasi desa merupakan sebuah usaha penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa di lingkungan Kabupaten Landak dalam rangka penggunaan dana desa yang efektif dan inovatif.

"Pelaksanaan inovasi desa untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif," tuturnya.

Baca juga: Samuel jadi Penjabat Bupati Landak gantikan Karolin-Heriadi
Baca juga: Karolin-Heriadi berikan kontribusi pembangunan nyata bagi Landak
Baca juga: Kepala Diskominfo Kalbar Samuel ditunjuk sebagai Penjabat Bupati Landak
Baca juga: Karolin sosialisasikan pencegahan stunting di desa

Samuel berharap Program Inovasi Desa mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif dan merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

"Saya berharap agar pemerintah desa bisa terus meningkatkan pengetahuan dan pengalaman, bagi para pemangku kepentingan desa termasuk pendamping desa sehingga dapat meningkatkan kapasitas desa di Bidang Inovasi Desa, sekaligus mempercepat capaian kesejahteraan masyarakat desa," katanya.

Baca juga: Bupati Landak resmikan dua Puskesmas Prototipe
Baca juga: Bupati dan Wakil Bupati Landak akhiri masa jabatan bersama masyarakat
Baca juga: Karolin letakkan batu pertama pembangunan Goa Maria Ngabang
Baca juga: Karolin ingatkan sekolah kelola dana BOS dengan benar

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022