Sempena perayaan HUT RI warga perbatasan RI-Malaysia di Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 100 meter di Taman Wisata Bukit Semugang.

"Kami ingin memerah putihkan perbatasan, sehingga secara inisiatif saya persembahan bendera Merah Putih sepanjang 100 meter itu," kata Ketua Panitia Peringatan HUT ke-77 RI Kecamatan Badau, Sudayat di Badau, Rabu.

Menurut dia,  pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 100 meter itu wujud kecintaan warga perbatasan untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.

Ia mengatakan, peringatan hari kemerdekaan bangsa Indonesia merupakan sakral dan istimewa, karena kemerdekaan itu bukanlah suatu pemberian, melainkan suatu perjuangan para pahlawan dengan segenap tumpah darah.

Dia pun mengatakan sebagai anak bangsa tugas generasi penerus yaitu melanjutkan perjuangan kemerdekaan dengan berbuat untuk bangsa Indonesia dengan berbagai inovatif dan kreatif.

"Kami ingin mengangkat harkat dan martabat NKRI di perbatasan, kami ingin tunjukkan kecintaan kami, bahwa perbatasan sebagai garda depan bangsa Indonesia," katanya.

Taman wisata Bukit Semugang seluas 26,7 hektare yang telah dibangun Sudayat sejak 2018. Lokasi wisata terebut ramai dikunjungi dengan lokasinya yang strategis di perbatasan negeri jiran.  

Baca juga: Tarian multietnis HUT RI di batas RI-Malaysia wujud kebhinnekaan

Baca juga: Tokoh perbatasan: Mencintai Indonesia bukan sekedar ucapan
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022