Badan Meteorologi, Klimatologi, dan, Geofisika (BMKG) memperkirakan sejumlah wilayah Indonesia diperkirakan mengalami hujan ringan pada Sabtu (10/9) siang.

Wilayah yang diperkirakan mengalami hujan ringan yakni Denpasar, Serang, Pangkal Pinang, Surabaya, Pontianak, Palangka Raya, Tanjung Pinang, Ambon, Mataram, Pekanbaru, dan Mamuju.

Kemudian, wilayah yang diperkirakan hujan sedang yakni Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Bandung, dan Manado. Wilayah yang diperkirakan hujan lebat yakni Bandar Lampung, sementara Jambi dan Banjarmasin diperkirakan mengalami hujan petir.

Wilayah yang diperkirakan cerah berawan yakni Medan, Palembang, Kendari, Makassar, Jayapura, Tarakan, dan Banda Aceh. Wilayah yang diperkirakan berawan yakni Gorontalo, Semarang, Samarinda, Ternate, Manokwari, dan Padang.

Pada malam harinya sebagian besar wilayah Indonesia juga diperkirakan masih hujan ringan yakni Denpasar, Yogyakarta, Jambi, Semarang, Surabaya, Palangka Raya, Tarakan, Pangkal Pinang, Ternate, dan Medan.

Baca juga: Hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah
Baca juga: Sejumlah provinsi di Indonesia berpotensi hujan lebat
Baca juga: Sejumlah wilayah Indonesia diprakiraan hujan lebat hari ini
 



Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Supadio Pontianak, Sutikno memberikan peringatan waspada banjir kepada masyarakat Kalbar, khususnya wilayah Singkawang, dan Kalimantan Barat bagian Timur mengingat hujan lebat masih akan terjadi hingga satu pekan ke depan.

"Untuk hari ini, dari tadi siang memang hujan lebat dan terjadi di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat. Namun untuk di Kota Singkawang ini tadi memang tercatat curah hujannya sangat ekstrem, di mana pada alat pencatat kami hingga pukul 20.00 WIB, tercatat sudah mencapai 294 milimeter," kata Sutikno di Sungai Raya, Sabtu.

Dia mengatakan, peningkatan curah hujan di Kota Singkawang tersebut terus terjadi mulai pukul 16.50 sore tadi dengan angka 252 milimeter, di mana angka curah hujan tersebut yang masuk kategori ekstrem sekali.

Baca selanjutnya: Hujan lebat masih akan terjadi hingga satu pekan ke depan

 

Pewarta: Indriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022