Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), telah menyelesaikan pembangunan Jalan Harapan menggunakan pondasi beton di Dusun Sungai Baung, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang.

"Alhamdulillah jalan sepanjang 1.300 meter menggunakan pondasi beton sudah selesai dibangun dalam memudahkan transportasi masyarakat Sungai Baung," kata Gubernur Kalbar, Sutarmidji di Sungai Raya, Rabu.

Menurut dia, sebelumnya jalan di dusun tersebut sangat memprihatinkan, sehingga perbaikan jalan sangat mendesak agar tidak mengganggu aktivitas maupun kegiatan perekonomian warga.

"Kini jalan sepanjang 1.300 meter tersebut sudah di bangun menggunakan pondasi beton, sehingga memudahkan masyarakat dalam mengangkut hasil pertanian mereka untuk di jual ke luar dusun itu," ujarnya.

Sebelumnya, Sutarmidji memastikan sebanyak 80 persen kondisi jalan di Kalbar dalam kondisi mantap hingga akhir masa jabatannya pada 2023. Realisasi ini lebih baik dari awal saat dirinya menjabat yaitu hanya 49 persen jalan yang layak.

"Komitmen ini akan kami buktikan dengan anggaran perbaikan infrastruktur jalan yang dikucurkan. Pada 2022 lebih dari Rp500 miliar anggaran telah dikucurkan untuk perbaikan jalan, tahun depan dianggarkan lagi untuk perbaikan infrastruktur jalan provinsi mencapai Rp700 miliar-Rp800 miliar," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Sungai Raya, Darmadi mengapresiasi Gubernur Kalbar atas janji untuk memperbaiki jalan di dusun tersebut, karena aktivitas warga sehari-hari tidak lagi terganggu.

"Atas nama Pemerintah Desa Sungai Raya saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Kalbar. Jalan pondasi beton tersebut telah selesai dibangun dalam waktu 48 hari kerja dengan panjang ruas jalan 1.300 meter dan turap 300 meter," kata Darmadi.

Baca juga: Pemkot Pontianak mulai lebarkan jalan menuju Jembatan Paralel Kapuas I

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji memastikan 80 persen kondisi jalan di Kalbar dalam kondisi mantap hingga akhir masa jabatannya, 2023 mendatang.

"Komitmen ini akan kami buktikan dengan anggaran perbaikan infrastruktur jalan yang dikucurkan pemerintah Provinsi Kalbar. Pada 2022 lebih dari Rp500 miliar anggaran telah dikucurkan untuk perbaikan jalan, tahun depan dianggarkan lagi untuk perbaikan infrastruktur jalan provinsi mencapai Rp700 miliar - Rp800 miliar," kata Sutarmidji di Pontianak, Senin.

Dia memastikan, kondisi jalan provinsi di Kabupaten Landak, Singkawang, Kubu Raya bisa tuntas, kecuali Ketapang dan Sintang. Baca selengkapnya: Sutarmidji pastikan kondisi jalan 80 persen baik pada tahun 2023

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022