Wali Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Edi Rusdi Kamtono meminta para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Pontianak memetik nilai-nilai kepahlawanan sebagai salah satu upaya memperingati Hari Pahlawan.

"Sekarang kita tengah menghadapi persoalan global, mulai dari resesi, pemanasan global, kelangkaan pangan, dan bencana alam. Mari kita bergerak bersama untuk menjadi pemenang," kata Edi Rusdi Kamtono usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Pontianak, Kamis.

Edi juga mengajak masyarakat Kota Pontianak memiliki jiwa tangguh, terutama ketika menghadapi tantangan. Dia meminta ASN di lingkungan Pemkot Pontianak dapat mengambil pelajaran dari nilai-nilai kepahlawanan dari masa lalu.

Semangat kepahlawanan juga diartikan sebagai semangat persatuan antarelemen bangsa. Menurutnya, saat menghadapi situasi sulit, kebersamaan memiliki peran menentukan, sehingga dia berharap hal tersebut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terlebih pada keluarga dan lingkungan sekitar.

Khususnya, lanjutnya, ASN sebagai pengabdi negara dan masyarakat harus mendalami makna kepahlawanan, mulai dari dedikasi hingga keikhlasan dalam membangun bangsa.

"Bersama kita kenang dan hormati perjuangan para pahlawan, bersama kita mengimplementasikan nilai-nilai kepahlawanan," jelasnya.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang digelar Pemkot Pontiana itu merupakan bentuk penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan. Pada kesempatan itu, seluruh peserta upacara mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik seraya mendoakan para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Edi mengatakan jiwa patriotisme dan semangat pantang menyerah dari sosok para pahlawan patut diteladani meski perjuangan kala zaman penjajahan berbeda dengan yang dihadapi sekarang.

"Bagaimana kita mengimplementasikan sosok pahlawan dengan jiwa pengorbanannya bagi bangsa dan negara dalam kehidupan kita sehari-hari," ujar Edi Rusdi Kamtono.

Baca juga: Kubu Raya minta pemuda berpikir jauh ke depan isi kemerdekaan

Baca juga: Sejarah perjuangan perempuan kurang tampil dalam narasi pahlawan Nasional

Baca juga: Masyarakat Kapuas Hulu diajak untuk teladani pahlawan jaga NKRI

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022