Tokoh muda tingkat nasional asal Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Herzaky Mahendra Putra mengapresiasi kegiatan Bubur Paddas Komite Mahasiswa Kabupaten Sambas (KMKS) 2022 yang merupakan ajak silaturahmi mahasiswa di Pontianak.

"Kegiatan produktif dan memperkuat silaturahmi ini sangat baik. Apalagi melalui kegiatan ini bisa menjadi ajang untuk melestarikan kuliner khas Kabupaten Sambas yakni bubur paddas," ujarnya saat menghadiri Bubor Paddas KMKS 2022 di Pontianak, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa mahasiswa Sambas yang merupakan sosok pemuda harapan bangsa bisa mengambil filosofi dari bubur paddas. Hal itu karena bubur paddas meskipun bahannya dari beragam sayuran  dan bumbunya, namun menjadi satu rasa yang khas dan nikmat.

"Di sini mahasiswa beragam latar belakang mulai dari beda asal desa, kampus, pandangan dan lainnya namun harus tetap satu. Jadi keberagaman itu adalah kekayaan," ucap dia.

Dengan kegiatan Bubur Paddas KMKS 2022 yang dilaksanakan adalah contoh nyata mahasiswa atau pemuda Sambas bersatu. Hal itu karena ada 1.000 mahasiswa dan bahkan politikus, pimpinan legislatif, eksekutif, akademisi dan para tokoh hadir bersama mahasiswa.

"Berbagai spektrum hadir di kegiatan ini dan ini sangat luar biasa," ucapnya.

Ia berpesan kepada mahasiswa untuk terus meningkatkan kapasitas dan berkontribusi di lingkungannya. Kemudian jangan bosan mereguk ilmu dan mengasah pola pikir melalui organisasi.

"Jangan pernah puas dan teruslah meningkatkan kapasitas diri agar bisa bersaing baik di tingkat lokal maupun nasional," ujar juru bicara DPP Demokrat tersebut.

Terkait pembangunan daerah menurutnya saat ini sudah berjalan baik dan perlu terus dukungan semua pihak. Sehingga potensi daerah  bisa menjadi sumber kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

"Mimpi besar saya ke depan bagaimana terus mendorong akselerasi pembangunan. Bagaimana kue pembangunan dari pusat semakin banyak dinikmati masyarakat Kalbar," katanya.

Terkait sebagai Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat dan di gadang - gadang akan maju di pemilihan legislatif untuk DPR RI Dapil Kalbar 1, ia menyoroti pentingnya politik gagasan atau ide. Hal itu menjadi menu wajib yang perlu disampaikan kepada generasi bangsa.

"Apalagi pada 2024 mendatang kaum muda atau milenial adalah pemilih terbanyak, maka agar bangsa dan negara ini maju maka politik gagasan harus dikedepankan, bukan transaksional," kata dia.

Sementara itu, Ketua KMKS, Dimas Yosa Ananda menjelaskan bahwa kegiatan makan "Bubor Paddas" secara bersama menjadi ajang KMKS bisa memperkuat silaturahmi dan persatuan antar mahasiswa asal Kabupaten Sambas maupun pemerintah daerah serta tokoh pendidikan maupun masyarakat.

"Antusias peserta kali ini sangat membanggakan karena ramai, yakni dari target 1.000 bisa terpenuhi dan bahkan lebih. Kemudian pejabat daerah mulai dari unsur pimpinan DPRD Sambas, Sekda Sambas dan Direktur Poltesa serta lainnya menyempatkan hadir di acara ini," katanya.

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022