Barisan Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama Kapuas Hulu bersama organisasi Sahabat Beramal ikut dalam pengamanan Natal di sejumlah gereja di Kota Putussibau Kapuas Hulu Kalimantan Barat, yang merupakan wujud kerukunan dan toleransi antar umat beragama di wilayah tersebut.

"Alhamdulillah, ibadah Natal saudara-saudara kita umat Kristiani berjalan lancar, kami merasa bangga bisa berdiri di tengah-tengah aparat keamanan turut serta dalam pengamanan Natal di gereja," kata Ketua Sahabat Beramal Kapuas Hulu Ade Muhammad Anwar, di Putussibau Kapuas Hulu, Senin.

Disampaikan Ade, Sahabat Beramal merupakan organisasi masyarakat yang baru tujuh bulan berdiri di Kapuas Hulu.

Dia mengatakan dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru Sahabat Beramal bersama Banser NU, tutur serta berjaga di Gereja Katolik Putussibau selama umat Katolik melaksanakan ibadah Natal.

Menurutnya, rasa kekeluargaan dan kerukunan umat beragama harus tetap dijaga, hal tersebut dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

"Kami sangat bersyukur bisa memberikan manfaat bagi siapa saja tanpa membedakan agama dan golongan, karena kita sama-sama hidup penuh rasa kekeluargaan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika," katanya.

Sementara itu, Kapolres Kapuas Hulu AKBP France Yohanes Siregar mengatakan situasi dan kondisi di Kapuas Hulu sangat kondusif pada saat perayaan Natal.

"Kami sangat mengapresiasi atas sinergisitas semua pihak dalam pengamanan ibadah Natal, mulai dari Polri, TNI, jajaran pemerintahan daerah hingga organisasi kemasyarakatan seperti Banser dan Sahabat Beramal," ucapnya.

Dikatakan France, perayaan Natal sebagai momentum untuk terus menumbuhkan semangat kebersamaan, toleransi serta kerukunan antar umat beragama khususnya di Kapuas Hulu.

Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu untuk tetap memelihara keamanan dan keterlibatan di tengah masyarakat.

Diketahui pengamanan Natal dan Tahun Baru di Kapuas Hulu melibatkan semua pihak terkait termasuk organisasi kemasyarakatan yang tergabung dalam Operasi Lilin Kapuas.

Disebutkan France, Polres Kapuas Hulu menurunkan 450 personil yang tersebar di 23 kecamatan di Kapuas Hulu dan mendirikan pos pengamanan serta pos pelayanan.

Sementara itu, Dandim 1206 Putussibau Letkol Inf Sri Widodo mengatakan pihaknya menurunkan 150 personil dan tersebar di Kapuas Hulu untuk memperkuat pengamanan Natal dan Tahun Baru.

"Kami jamin keamanan dan kenyamanan umat Kristiani dalam merayakan Natal dan Tahun Baru," katanya
Banser dan Sahabat Beramal bersama Tim gabungan mengamankan ibadah Natal di Gereja Katolik Putussibau dalam rangka Operasi Lilin Kapuas 2022, di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat. ANTARA (Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022