Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1206 Putussibau Letkol Inf Sri Widodo memberikan semangat dan motivasi untuk pelajar sekolah dasar di Nanga Salin Desa Kareho Kecamatan Putussibau Selatan yang merupakan daerah pedalaman di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

"Saya berpesan kepada anak-anak di pedalaman agar tidak patah semangat dengan segala keterbatasan, tetap semangat belajar meraih cita-cita," kata Letkol Inf Sri Widodo, di Putussibau Kapuas Hulu, Selasa pagi.

Disampaikan Widodo, semua anak bangsa baik di kota mau pun di desa memiliki hal yang sama untuk memperoleh pendidikan yang layak, meskipun masih banyak keterbatasan baik fasilitas pendidikan, keterbatasan guru maupun jarak tempuh sekolah terutama yang berada di desa atau daerah pedalaman seperti di Desa Kareho.
 
Dandim 1206 Putussibau Letkol Inf Sri Widodo memberikan motivasi kepada pelajar sekolah dasar di Nanga Salin Desa Kareho, Kecamatan Putussibau Selatan daerah pedalaman di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Pendim 1206/Psb (Teofilusianto Timotius)


Dia menceritakan, Dusun Nanga Salin Desa Kareho berada di perhuluan sungai Kapuas di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, meski dengan segala keterbatasan anak-anak di daerah tersebut bersemangat untuk bersekolah.

"Saya melihat wajah anak-anak di dalam kelas, semuanya penuh semangat dan harapan, dengan kesederhanaan apa adanya, mereka bersekolah untuk meraih cita-cita, tentu itu mesti kita berikan perhatian serius," kata Widodo.

Dikatakan dia, sejumlah fasilitas pendidikan di Desa Kareho itu memang memerlukan perhatian serius dari pemerintah, sehingga dapat memberikan kenyamanan dalam meningkatkan kualitas pendidikan daerah pedalaman.

Selain, keterbatasan fasilitas pendidikan, Widodo juga menyampaikan adanya kekurangan guru di daerah tersebut.

"Saya akan sampaikan saran dan masukan pemerintah daerah terutama kepada Disdikbud Kapuas Hulu, agar menjadi atensi kekurangan guru di Dusun Nanga Salin," kata Widodo.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023