Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sambas, Kalimantan Barat memastikan proses pembentukan badan adhoc Pemilu 2024 berjalan lancar dan semua sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Sekarang KPU Kabupaten Sambas di masa tahapan pembentukan badan adhoc untuk Pemilu 2024. Kami memastikan proses bisa berjalan lancar dan sesuai dengan ketentuan yang ada," ujar Komisioner KPU Sambas, Martono saat dihubungi di Sambas, Selasa.  

Ia menjelaskan pada 4 Januari 2023 lalu KPU Kabupaten Sambas telah mengambil sumpah dan melantik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebanyak 95 orang dari 19 kecamatan se - Kabupaten Sambas bertempat di salah satu hotel di daerah tersebut. 

"Alhamdulillah tahapan untuk PPK mulai dari pengumuman seleksi hingga pelantikan PPK berjalan mulus dan lancar. Nah, ini menjadi modal bersama kita bahwa di Kabupaten Sambas tetap berjalan sebagaimana mestinya," papar dia.

Ia menambahkan setelah dilakukan pelantikan, PPK langsung diberikan bimbingan teknis terkait tata kerja PPK dan persiapan tes tertulis Panitia Pemungutan suara (PPS).  

"Untuk seleksi tertulis PPS akan dilaksanakan serentak pada 10 Januari 2023, bertempat di masing-masing kecamatan. Setelah tes tertulis, dilanjutkan dengan tes wawancara dari 18 -20 Januari 2023 dan dilantik 24 Januari 2023. Setelah PPS terbentuk, PPS langsung akan bertugas membentuk Petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) dan bersiap menuju tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih," papar dia.  

Ia mengucapkan terima kasih atas peran serta semua pihak yang selama ini mendukung seluruh proses tahapan Pemilu 2024 sehingga berjalan lancar.

"Kami terus mengharapkan dukungan, ke depan tahapan apapun terus mendapat perhatian dan dukungan dari semua elemen masyarakat. Sehingga pesta demokrasi ini berjalan baik, lancar dan aman serta menghasilkan pemimpin terbaik pilihan masyarakat," kata dia.  

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023