Komando Distrik Militer (Kodim) 1206/Putussibau bersama Yayasan Bhakti Suci serta Dinas Lingkungan Hidup Kapuas Hulu melaksanakan kegiatan karya bakti pembersihan tempat pemakaman umum warga Tionghoa di di Putussibau wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

"Kerja bakti pembersihan pemakaman Tionghoa itu sebagai wujud kepedulian TNI dan membangkitkan semangat gotong royong, apalagi ini menjelang Hari Raya Imlek," kata Dandim 1206 Putussibau Letkol Inf Sri Widodo, di Putussibau Kapuas Hulu, Sabtu.

Disampaikan Widodo, kegiatan kerja bakti tersebut juga sebagai implementasi dari pembinaan teritorial jajaran Kodim yang sudah menjadi bagian dari tugas pokok TNI AD khususnya membantu kesulitan masyarakat.

Menurutnya, untuk sasaran kerja bakti adalah pembersihan semak, rumput dan sampah serta pengecatan tembok keliling dan gapura di areal pemakaman, dengan tujuan memberi rasa aman dan nyaman pada saat melaksanakan sembahyang kubur menjelang Hari Raya Imlek mendatang.

Dia berharap dengan dilakukan pembersihan di seluruh area makam ini diharapkan warga yang nantinya akan melaksanakan ziarah ke makam dapat melangkah dengan leluasa dan merasa nyaman.

"Kegiatan itu sebagai bentuk rasa hormat dan menghargai jasa para leluhur yang telah mendahului kita. Serta menciptakan kebersihan lingkungan baik ditempat tinggal maupun di tempat pemakaman," kata Widodo.

Sementara itu tokoh masyarakat Tionghoa Budi Cin mengatakan bahwa karya bakti bersama TNI sangat di butuhkan dikalangan masyarakat.

"Dengan adanya karya bakti itu sekaligus menjadi ajang silaturahmi dan bersinergi saling bahu membahu membangun wilayah Kapuas Hulu lebih maju," katanya.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023