Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching, Raden Sigit Witjaksono mengatakan pihak nya pada Sabtu (15/3) ,  menerima laporan via telepon dari KKP Entikong yang melaporkan kejadian kecelakaan lalu lintas maut yang mengakibatkan seorang WNI yang juga anggota DPRD Sanggau Fraksi Golkar meninggal dunia ditempat kejadian.  

"Memang benar hari ini Sabtu (15/3) kami telah mendapat laporan seorang laki-laki WNI atas nama Arkardius Mungpin mengalami kecelakaan dan meninggal di tempat," kata Konjen RI Kuching, Sigit saat di hubungi  Antara Kalbar, Sabtu.

Sigit mengatakan, dari informasi yang didapat memang benar korban merupakan anggota DPRD Sanggau yang beralamat di Desa Kuala Buayan, Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau, Kalbar.

"Dari informasi yang kami dapat korban pada tanggal 14 April 2023, datang ke Kuching untuk tujuan berobat rutin di rumah sakit swasta Timberland Medical Centre, Kuching, Sarawak," kata Sigit.

Kemudian kata Konjen lagi, musibah itu terjadi ada tanggal 15 April 2023, sebelum kejadian korban hendak mencari sarapan di warung makan yang berdekatan dengan penginapannya.

"Korban kemudian tiba-tiba menyeberang jalan dan tertabrak kendaraan yang melaju di jalan raya yang mengakibatkan mendiang meninggal dunia ditempat kejadian," terang Sigit.

Kemudian ujarnya, setelah kejadian jenazah korban dibawa ke Rumah Sakit Umum Sarawak oleh kepolisian lalu lintas Kuching, Sarawak dan akan dilakukan otopsi sesuai persetujuan keluarga korban di Indonesia, (surat terlampir).

"Untuk membantu proses selanjutnya, KJRI Kuching akan menghadiri proses otopsi jenazah dan akan membantu mengeluarkan surat untuk proses pemulangan jenazah, setelah otopsi dan surat serta dokumen untuk proses pemulangan jenazah dilengkapi. Jenazah mendiang segera akan dipulangkan ke alamatnya di Sanggau, Kalbar melalui perbatasan darat Tebedu-PLBN Entikong," pungkas Sigit.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023