Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, meluncurkan inovasi SIAP PAK sebagai terobosan untuk mempermudah perizinan kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif melalui sinergi lintas sektor terkait.

"Terobosan ini dapat melipat ruang dan waktu, sehingga dengan cara itu kita punya lompatan. Kalau sebelumnya perlu waktu sekian lama, maka kita lipat dan dampaknya pun mendasar serta langsung kena ke semuanya dalam mempercepat kegiatan ekonomi masyarakat," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Kamis.

Menurutnya, sektor ekonomi kreatif tidak saja memperkuat ekonomi masyarakat baik di skala rumah tangga maupun korporasi, tapi juga berkaitan dengan upaya pemerintah menciptakan suasana bahagia. Sebab menurutnya, kebahagiaan tersebut akan berpengaruh langsung pada peningkatan usia harapan hidup.

"Masyarakat jadi produktif sehingga mengurangi pengangguran dengan cepat sekali. Makanya sektor ini eranya sudah mendunia dan jauh lebih bisa membuat semua pelaku ekraf itu tidak kehilangan waktu dan energi," tuturnya.


Baca juga: Sumastro dorong DPMTK percepat layanan perizinan

Muda menyebut inovasi SIAP PAK akan semakin meningkatkan optimisme dari para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Kubu Raya. Ia menilai inovasi tersebut dapat memotivasi pelaku usaha untuk berkreasi.

"Ini juga adalah langkah kita supaya para pelaku ekraf ini semakin optimis dan banyak ide serta kreativitas yang membuat semua saling menopang, ini menjadi sharing ekonomi yang bagus. Jadi semua terdistribusi karena pertumbuhan ekonomi yang berkualitas itu adalah yang bisa terdistribusi dengan baik dan dampaknya benar-benar membuat semuanya jadi bahagia, kata Muda.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kubu Raya Rini Kurnia Solihat mengatakan seni pertunjukan merupakan satu di antara sektor ekonomi kreatif yang mampu menggerakkan perputaran ekonomi daerah. Karena itu, pihaknya berupaya mewujudkan kemudahan perizinan pada pelaksanaan kegiatan kreatif melalui sinergi lintas sektor terkait.

"Dengan upaya penyederhanaan urusan administrasi dan kemudahan perizinan ini, kita harapkan para pelaku ekonomi kreatif dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pelaksanaan kegiatan di Kubu Raya," kata Rini.

Baca juga: Dinas Penanaman Modal Kubu Raya proses 8.501 perizinan tahun 2022
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023