Anggota Kepolisian Resort Kayong Utara memperbaiki jembatan di Desa Porodukun Kecamatan Seponti Kabupaten Kayong Utara yang rusak. Jembatan menuju sentra perkebunan kopi liberika tersebut dikerjakan bersama masyarakat setempat agar akses menuju kebun kopi yang mendapat penghargaan dunia itu mudah dilalui kendaraan.

"Kami dibantu warga Desa Podorukun, Kecamatan Seponti memperbaiki jembatan yang rusak dikarenakan lantai jembatan yang terbuat dari kayu sudah lapuk dan sangat berbahaya untuk dilewati," kata Kapolres Kayong Utara AKBP Achmad Dharmianto, Kamis.

Kegiatan tersebut menurutnya adalah bagian dari rangkaian memperingati Hari Bhayangkara ke-77 di negeri bertuah tersebut.

Kapolres mengatakan ikut bangga dengan produk kopi liberika Kayong Utara yang telah mendunia dari Ajang Termatalia 2022 di Ourense, Spanyol. Dalam ajang itu kopi liberika Kayong Utara menyabet predikat Best Alternative Coffee in the World.

Kemudian Kapolres menjelaskan kegiatan ini merupakan penjabaran program pemerintah dalam mendukung ketahanan pangan melalui program Penpermas Polres Kayong Utara.
 
Saat ini, lanjut AKBP Achmad sedang dilakukan perbaikan lantai jembatan oleh personel Polres dan Polsek Kayong Utara dan dibantu TNI serta masyarakat, Kades dan perangkat Desa Podorukun.

"Semoga dapat membantu arus barang, jasa dan orang sehingga dapat melintasi jembatan ini dengan aman dan nyaman. Kemudian selanjutnya dapat memudahkan arus Produksi Kopi Liberica dari Hulu hingga hilir," jelas Kapolres.

Kapolres Kayong Utara, Kepala Desa Podorukun Muhklas menuturkan bahwa perbaikan dilakukan secara bersama-sama oleh pihak Polres Kayong Utara dan masyarakat.

Ia bersyukur kegiatan bakti sosial perbaikan jembatan oleh Polres Kayong Utara adalah bentuk kepedulian Polri terhadap keselamatan masyarakat yang melintas jembatan ini. Selain itu, juga mendukung budidaya kopi liberika yang menjadi simbol dari Pemerintah Desa Podorukun Kecamatan Seponti.

"Dan kami segenap warga Desa Podorukun sangat antusias dan berterimakasih banyak atas kepedulian bapak Kapolres Kayong Utara atas kegiatan ini," ujar Muhklas. 
 

Pewarta: Rizal Komarudin

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023