Satuan Brimob Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Barat meningkatkan kegiatan patroli sebagai upaya cegah dini tindak kejahatan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Patroli kami tingkatkan untuk deteksi dini dan mencegah tindak kejahatan," kata Komandan Satuan Brimob Polda Kalbar Kombes Pol. M Guntur, di Pontianak, Sabtu.

Disampaikan Guntur, sasaran patroli yaitu sejumlah objek vital seperti terminal dan tempat-tempat keramaian pada malam hari.

Selain, melakukan patroli, personil Brimob juga mengunjungi sejumlah pos pengamanan baik yang berada di komplek perumahan, komplek perkantoran maupun pos keamanan di tempat umum lainnya.

"Yang jelas patroli akan kita tingkatkan untuk mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan," katanya.

Dikatakan Guntur, selain patroli Brimob Polda Kalbar juga berdialog dengan masyarakat untuk mengingatkan dan mengajak masyarakat agar sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing.

Dia berharap kehadiran personil Brimob Polda Kalbar di tengah masyarakat dapat memberikan rasa aman dan nyaman sehingga tercipta situasi yang kondusif dalam mengantisipasi tindak kejahatan yang kapanpun bisa terjadi di lingkungan masyarakat.

Guntur juga mengimbau agar masyarakat tidak main hakim sendiri jika menemukan pelaku tindak kejahatan, melainkan diamankan dan diserahkan kepada petugas keamanan terdekat.

"Memelihara keamanan dan kenyamanan tanggungjawab kita bersama, bukan hanya aparat keamanan, namun peran aktif masyarakat juga sangat penting menjaga lingkungannya," pesan Guntur.
Personil Brimob Polda Kalbar melaksanakan patroli di sejumlah objek vital di Kota Pontianak dan sekitarnya dalam rangka menciptakan keamanan dan kenyamanan. ANTARA/HO-Humas Polda Kalbar (Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023